nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Din Syamsuddin Bingung Kenapa Habib Rizieq Bisa Dicekal di Arab Saudi

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 27 September 2018 18:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 27 337 1956512 din-syamsuddin-bingung-kenapa-habib-rizieq-bisa-dicekal-di-arab-saudi-vXLZIF51GB.jpg Din Syamsuddin (foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin mengaku, sedikit kebingunan atas pencekalan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Sihab (HRS) oleh Kerajaan Arab Saudi.

Menurut mantan Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban itu, seharusnya pencekalan ke luar negeri terhadap seseorang harus warga negara setempat yang dilakukan oleh pemerintah sendiri.

Kasus Dugaan Makar, Rizieq Shihab Diperiksa Polda Metro Jaya 

"Apa sesungguhnya atas HRS yang telah sekian lama berada di Saudi. Kalau pencekalan itu, terjadi biasanya di sebuah pemerintahan /negara terhadap warga negaranya tidak boleh keluar negeri. tapi kan ini tidak berada di Indonesia, tapi di negara orang," kata Din kepada wartawan, Kamis (27/9/2018).

Menurutnya, pemerintah Arab Saudi harus memiliki alasan yang kuat atas pencekalan HRS. "Jadi kalau beliau dicekal keluar dari Saudi Arabia. tapi jelas pasti ada alasan dari pemerintah kerajaan Arab Saudi itu sendiri," bebernya.

Din meminta kepada pemerintah agar memberikan perlindungan terhadap WNI, salah satunya dengan cara permintaan ektradisi kepada pemerintahan Arab Saudi mengenai HRS.

"Kepada pemerintah dari negara di mana WNI itu berada, nah saya tidak tahu apakah ada permintaan ektradisi atau tidak? Saya tidak tahu apa yang terjadi sesungguhnya," tutupnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini