Din Syamsuddin Minta KPU Jadi "Wasit" yang Adil saat Pemilu Nanti

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 27 September 2018 17:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 27 605 1956450 din-syamsuddin-minta-kpu-jadi-wasit-yang-adil-saat-pemilu-nanti-sSUY3eNFoU.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Untuk menjaga pemilu yang bermutu dan beradab, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi "wasit" yang baik dalam pilpres dan pileg mendatang.

"KPU juga harus menjadi wasit yang adil, wasit yang berada di tengah tidak berat sebelah," katanya kepada wartawan, di Jalan Brawijaya VIII, Jakarta Selatan, Kamis (27/9/2018).

Mantan utusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bidang hubungan antar agama ini sangat mewanti-wanti penyelenggara pemilu agar menjaga sikap netral, karena jika tidak dilakukan maka akan memacu reaksi masyarakat.

 pilpres

"Kalau itu terjadi maka sangat potensial memicu reaksi, termasuk aparat penegak hukum," tuturnya.

Selain itu juga, Din meminta para relawan dan timses agar dapat menahan diri agar tidak melakukan yang dapat merugikan keutuhan bangsa dan bernegara.

"Tim suksesnya masing-masing dan para pendukungnya masing-masing, agar dapat menahan diri. Apalagi menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan, dari medsos juga harus dihindari dari (praktek yng merugikan)," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini