nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Halaman Kediaman Keluarga Cendana di Solo Jadi Lokasi Nobar G30S/PKI

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 28 September 2018 16:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 28 512 1956956 halaman-kediaman-keluarga-cendana-di-solo-jadi-lokasi-nobar-g30s-pki-ZSnHHrd1zx.jpg

SOLO - Halaman Masjid Nurul Iman Kalitan, depan rumah pribadi keluarga Presiden Seoeharto di Solo, Jawa Tengah dipilih sebagai lokasi saresehan dan nonton bareng pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI, Minggu (30/9/2018) pukul 19.30 WIB. Nonton bareng yang diprakarsai oleh Tim Advokasi Reaksi Cepat (TARC).

Koordinator Tim Advokasi Reaksi Cepat (TARC), M Taufik sampaikan pihaknya sudah mengirimkan surat pemberitahuan pada pihak yang berwenang sesuai ketentuan Pasal 13 UU No 9 tahun 1994 tentang penyampain pendapat di muka umum.

"Termasuk izin tempat yang sudah dikeluarkan pengelola kalitan secara tertulis. Jadi semua sudah clear," jelas Taufik kepada wartawan, Jumat (28/9/2018).

Acara ini merupakaan acara saresahan dan tidak terkait dengan kampanye manapun. Meskipun nanti yang hadir baik peserta maupun pembicara mendukung calon legislatif maupun calon presiden tertentu itu persoalan lain.

"Yang pasti khusus kegiatan ini tidak ada aktivitas politik. Tidak ada kampanye. Tujuan acara ini digelar untuk mengingatkan kembali pada masyarakat muda khususnya generasi muda. Bagaimana kekejaman PKI," tegasnya.

Pembicara yang akan hadir dalam acara saresehan ini diantaranya Mudrik M Sangidu, tokoh masyarakat Solo. Purwanto warga Solo dan juga Sri Bintang Pamungkas. Rencananya hadir juga mantan Pangkostrad Kivlan Zen.

"Termasuk saya (M. Taufik) dari sisi politik hukum yang akan menjelaskan PKI kaitannya dengan TAP MPRS," lanjut Taufik.

Alasan kenapa memilih lokasi di halaman parkiran masjid keluarga Cendana di Kalitan, karena pihaknya ingin menunjukkan kepada masyarakat ini tidak ada kaitan dengan kampanye. Pasalnya penonton film ini adalah multi ras, multi agama, multi etnik dan multi partai.

"Karena itu untuk menjaga semua kita adakan di parkitan masjid," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini