nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Milenial, 11 Pertanyaan Ini Perlu Dijawab Sebelum Usia 30

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Sabtu 29 September 2018 16:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 28 65 1957005 milenial-11-pertanyaan-ini-perlu-dijawab-sebelum-usia-30-NF99lRICSe.jpg Ilustrasi (Foto: Business Insider)

JAKARTA – Milenial, di saat umurmu menginjak 30 tahun, kondisi dirimu diperkirakan sudah lebih dewasa dan matang. Namun sebelum hal itu menjadi kenyataan, kamu sudah harus siap menjawab 11 pertanyaan tentang kehidupan, apa sajakah?

Beberapa dari pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya tidak ada yang memiliki jawaban yang mudah atau jawaban yang benar. Bahkan untuk bisa menjawab sederet pertanyaan itu, ternyata perlu pertimbangan sejak masih muda.

Melansir dari Businessinsider.com, Sabtu (29/9/2018), di bawah ini adalah 11 pertanyaan yang sudah harus kamu mulai pikirkan hari ini. Yang nantinya akan membantumu mendapatkan kejelasan tentang jenis pekerjaan, hubungan, dan mimpi kehidupan yang harus kamu kejar.

1. Jika saya harus mati besok, akankah saya merasa puas dengan hidup saya?

Pada titik ini dalam hidupmu, kamu mungkin menganggap dirimu telah mencapai beberapa dekade ke depan. Namun, hal itu bukan suatu alasan untuk menunda kebutuhan dan kepuasan pribadi hingga nanti. Buatlah sebuah perubahan sekarang ini juga!

Baca Juga: Generasi Milenial Rentan Bunuh Diri, Apa Penyebabnya?

Seperti yang dikatakan oleh pengguna Quora (situs pertukaran pengetahuan), Matthew Jones,

“Jika kamu tidak puas dengan kehidupan kamu saat ini, habiskanlah waktu untuk mengevaluasi ulang bagaimana kamu mengelola waktumu, hal itu sangat penting. Tidak ada kepastian dalam hidup dan mungkin tidak ada hari esok, jadi ketika menetapkan tujuan jangka panjang dan merencanakan masa depan itu penting, kamu perlu menemukan cara untuk menyerap sebuah kehidupan.”

2. Apa proposisi nilai unik saya?

Nicolas Cole mengatakan dalam tulisannya, “Ini adalah cara dewasa yang mewah untuk mengatakan, 'Apa yang bisa saya lakukan?' Dalam bisnis, selalu ada banyak pembicaraan tentang proposisi nilai. Apa yang kamu usulkan dan berapa banyak nilai yang akan dihasilkannya ?"

Hal ini mirip dengan pertanyaan dari Fred Landis, "Adakah yang bisa saya lakukan dengan mudah, sedangkan orang lain menganggap ini sulit?”

Baca Juga: 8 Perbedaan Kulihan Zaman Now dengan Generasi 1964 dan 1980

Setelah kamu menemukan proposisi nilai atau bakat unikmu, kamu bisa bekerja untuk menjadi seorang ahli di bidang itu.

Sebagai A.J. Agrawal menulis di Inc, “Miliki tiga hingga empat outlet berita yang berspesialisasi dalam proposisi nilaimu, dan pastikan dirimu meluangkan waktu untuk membacanya setiap hari. Mulailah dari berbagi artikel di media sosialmu, kemudian mulailah menulis blog atau menulis artikel tentang subjek. Seiring waktu, semakin banyak orang akan mengenali dirimu sebagai ahli di bidang tersebut,”

3. Siapa yang paling menginspirasi saya?

Sanchit Jain sangat mencermati pertanyaan ini yang awalnya ditampilkan di Majalah Relevan, “Pikirkan tentang satu orang yang paling ingin kamu tiru. Siapa dia? Sekarang apa ada dengan kisah atau karakter mereka yang menarik untuk dirimu tentang mereka? Tuliskan kata-kata yang muncul di benakmu. Kemudian ceritakan banyak tentang orang yang paling ingin kamu ceritakan dan siapa yang kamu harapkan. ”

(Feb)

4. Mengapa saya bangun di pagi hari?

Pertanyaan ini yang diajukan oleh seorang penulis buku Ocean Blue Meditation Sidekick Journal: A Practical Guide to Exploring Mindfulness Ariel Banayan yaitu cara lain untuk bertanya, Apa tujuan kamu?

Kamu mungkin tidak memiliki jawaban yang mudah, tetapi kamu pasti memiliki sebuah tujuan, dan semakin cepat kamu menemukannya, semakin cepat kamu dapat mulai mendedikasikan dan merealiasikannya. Jangan malas bangun pagi ya!

5. Berapa banyak yang saya pelajari hari ini?

“Ketika kamu berada di usia 20-an, kurva belajarmu harus begitu tinggi,” tulis Raja Reddy Poreddy

“Belajar banyaklah setiap hari. Pastikan kamu menulis buku harian tentang apa yang telah kamu pelajari setiap hari,” lanjut tulisannya.

Baca Juga:  Lagi Tren, Kampus Sewakan Tempat Tidur Kapsul bagi yang Kelelahan Belajar

Kebiasaan sehari-hari ini adalah kebiasaan yang baik untuk dipegang, bahkan saat kamu berkembang ke usia 30-an dan seterusnya. Tujuan kamu adalah belajar sesuatu yang baru setiap hari, sehingga pandangan kamu tentang dunia terus berubah.

6. Siapa yang saya cintai, dan sudahkah saya katakan atau tunjukkan pada mereka akhir-akhir ini?

Pertanyaan ini berasal dari Adam Rifkin, salah seorang pendiri Panda Whale.

Jangan menganggap teman dan keluargamu tidak tahu perasaan dirimu, sebenarnya mereka tahu perasaanmu, tunjukkanlah rasa peduli dan kasih sayangmu kepada mereka. Hal ini sangat penting untuk diingat. Studi Harvard menemukan hubungan yang dekat adalah kunci untuk kebahagiaan dan umur panjang.

7. Apa definisi kesuksesan saya?

"Ini adalah satu pertanyaan yang secara signifikan meningkatkan kehidupan saya. Kita semua memiliki gagasan tentang sukses sebuah kekuasaan, ketenaran, dan uang. Tetapi kesuksesan tidak terbatas pada hal-hal ini. Sukses dapat berarti memiliki kedamaian pikiran, atau berada di lingkungan yang sesuai dengan bakatmu sekarang.”

Baca Juga: Boleh Saja Mahasiswa Bergadang Sambil Ngopi, Tapi Simak 5 Cara Sehat Ini

Kamu sudah seharusnya mendefinisikan apa arti sukses bagimu. Melakukan hal ini bisa menjadi panduan saat membuat keputusan. Kamu membutuhkan inspirasi? Coba cari tahulah bagaimana orang yang sangat berprestasi seperti Richard Branson dan Arianna Huffington mendefinisikan kesuksesan.

(Feb)

8. Di mana saya akan berada dalam lima tahun ke depan, jika saya melanjutkan perjalanan saya saat ini?

Berbeda dengan sebuah visi lima tahun aspiratif, Sim Campbell merekomendasikan sesuatu yang lebih realistis. “Banyak orang yang memiliki ide bahwa 'semua sesuatu hal akan menjadi lebih baik'. Segala sesuatu tidak akan menjadi lebih baik jika kamu tidak melakukan apa pun untuk mengubahnya. Jika kamu sekarang berada di tempat yang bagus, lanjutkan. Tetapi jika kamu berada di tempat yang buruk, arahkan ulang kapalmu. Dirimu sendirilah yang mengarahkannya.”

9. Akankah 5 tahun mendatang saya bangga dengan kondisi saat itu?

Pertanyaan ini dari Deepak Mehta, pertanyaan ini adalah cara cerdas untuk memeriksa bahwa kamu tetap setia pada tujuan utamamu. Berikut satu hal yang perlu dipertimbangkan :

“Dirimu sendirilah yang lebih muda sehingga tidak takut bermimpi besar. Dia tidak peduli apakah ada sesuatu yang tidak dapat dicapai atau tidak realistis. Bagaimana denganmu sekarang? Apakah kamu sudah berkompromi dengan mimpi-mimpi itu?”

Ini mirip dengan sesuatu yang Gretchen Rubin katakan kepada Business Insider, “Sebelum kamu berganti karier, ingatlah apa yang kamu suka lakukan untuk bersenang-senang saat kanak-kanak.”

10. Bayangkan dirimu menjadi orang yang sangat terkenal 10 tahun ke depan. Menurutmu apa yang telah kamu capai sehingga kamu terkenal?

Asparah Achar menulis tentang jawabannya, “saya akan menjadi novelis” atau “saya akan menjadi seorang pengusaha,”. Menurutnya hal itu akan memberimu beberapa kejelasan mengenai tujuan apa yang harus kamu kejar.

Kemudian ia mengatakan, kamu dapat mulai mengajukan pertanyaan lanjutan seperti, "Apakah saya sudah cukup menjalani hari ini, sehingga nanti saya akan mencapai apa yang saya cita-citakan?"

11. Apa hal yang menahan saya?

"Apa hal utama yang membuat kamu tidak bergerak untuk maju dan siapa yang dapat membantu kamu untuk memotong rantai kelemahan itu?" tulis Vinita Punjabi.

Mungkin itu adalah ketakutan umum akan sebuah kegagalan atau mungkin saja itu sesuatu yang lebih spesifik dan mudah diatasi. Misalnya seperti tidak tahu cara menulis surat lamaran yang baik.

Apapun halangan yang menahanmu, cobalah untuk mencari tahu masalahnya, hal itu akan membawamu satu langkah untuk bisa mengungkapkannya dan menyingkirkannya

(Feb)

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini