nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angkut Korban Gempa Palu, Pesawat Hercules Terbang 17 Kali Dalam Sehari

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 18:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 02 340 1958744 angkut-korban-gempa-palu-pesawat-hercules-terbang-17-kali-dalam-sehari-0cL3jh8muD.jpg Pesawat Hercules yang mengangkut korban gempa Palu (foto: Herman Amiruddin/Okezone)

MAKASSAR - Pesawat Hercules dalam sehari melakukan penerbangan sebanyak 17 kali untuk mengangkut korban gempa dan tsunami dari Palu Sulawesi Tengah.

Dari pantauan Okezone di Lanud Hasanuddin Makassar, pengungsi berdatangan dari Palu menggunakan pesawat terakhir. Mereka kemudian disambut oleh puluhan relawan di pintu keluar landasan. Kemudian diberi makan.

Mereka yang terdiri dari perempuan, anak-anak diutamakan di beri bantuan. Termasuk bantuan menggunakan kursi roda. Sementara korban luka-luka disiapkan ambulans.

 palu

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Sultan Hasanuddin, Mayor Sus Henny Purwani mengatakan hari ini terdapat 1.500 lebih korban yang diangkut selama 17 kali penerbangan.

"Ada 1.500 lebih dalam 17 kali penerbangan. Dan saat ini pesawat terakhir mengangkut 150 korban gempa dari Palu," kata Heny kepada Okezone saat ditemui di Lanud Hasanuddin Makassar, Selasa (2/10/2018).

(Baca juga: Minimalisir Penyakit, Petugas Lakukan Fogging Pasca-Gempa Palu)

(Baca juga: JK Jadi Komandan Penanganan Gempa Sulteng, Fahri: Tolong Ambil Inisiatif)

Tercatat untuk hari ini korban luka-luka sebanyak 166. Mereka kemudian dirujuk ke rumah sakit diantaranya RSUD Sayang Rakyat, Dody Sarjoto TNI AU, RSUD Daya Makassar, RS Wahidin Sudirohusodo, dan RSUD Salawangan Maros.

 palu

Dari pantauan Okezone sedikitnya 20 mobil ambulans disiapkan di landasan pacu mengagkut korban ke rumah sakit yang telah disiapkan.

Sementara korban yang selamat dan tak memiliki keluarga atau tempat tinggal akan disiapkan penampungan di Asrama Haji Sudiang Makassar. Bagi korban yang ingin ke kampung halamannya langsung menuju ke Bandara Internasional melanjutkan perjalanannya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini