nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerusuhan di Oksibil, Dua Kubu Warga Bentrok Puluhan Rumah Dibakar

Edy Siswanto, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 21:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 02 340 1958813 kerusuhan-di-oksibil-dua-kubu-warga-bentrok-puluhan-rumah-dibakar-agQGn1OOJ4.jpg Kerusuhan di Oksibil (Foto: Ist)

JAYAPURA - Sekitar 350 warga Oksibil Pegunungan Bintang, Papua mengungsi ke Koramil Oksibil akibat bentrok dua kubu di wilayah itu Selasa (2/10/2018). Kapendam XVII/ Cendrawasih, Kolonel Muhammad Aidi membenarkan adanya kejadian itu.

"Laporannya baru saya terima sore ini. Pengungsi saat ini ditangani oleh anggota Koramil. Saya tidak tahu juga apakah mereka ini bagian dari kedua kubu yang bertikai atau malah tidak terkait sama sekali, intinya mereka mencari keamanan. Dan kita layani dengan baik. Ini darurat," kata Aidi saat dikonfirmasi awak media di Merauke.

Dikatakan, dari ratusan pengungsi tersebut, terbanyak adalah anak-anak dan perempuan. "Kita berharap besok sudah kondusif dan mereka bisa kembali," ucapnya.

Saat ini, para pengungsi dijaga oleh 20 anggota Koramil dari 30 anggota yang ada. Sisa 10 anggota lainnya adalah Babinsa yang melakukan pengamanan di kampung-kampung.

Info yang dihimpun, bentrok terjadi antara massa yang pro Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang Costan Oktemka dan massa yang membuat misi tidak percaya terhadap bupati. Yang antara kelompok Yance Tapyor (kelompok yang kontra dengan bupati) dengan kelompok Andi Balyo (pendukung bupati).

Masyarakat tampak saling serang menggunakan panah hingga melakukan aksi pembakaran puluhan rumah warga. Guna mencegah kerusuhan semakin meluas, pihak kepolisian berusaha membubarkan massa dengan melepaskan tembakan peringatan.

Dalam bentrok tersebut, dua anggota kepolisian terkena panah. Masing-masing AKP Amon, menderita Luka panah dibagian paha, dan Brigadir Dolfis,. mengalami Luka panah dibagian mata. Keduanya saat ini sudah dirawat di rumah Sakit Oksibil. Dan rencananya esok akan diterbangkan ke Jayapura. Sementara, hingga berita ini diturunkan belum diketahui kondisi terakhir pasca bentrok dua kubu tersebut.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini