Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin Laporkan Akun Facebook ke Polisi

Bayu Septianto, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 13:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 02 605 1958523 tim-kampanye-jokowi-ma-ruf-amin-laporkan-akun-facebook-ke-polisi-JPbuHTs2fJ.jpg TKN Jokowi-Ma'ruf Amin laporkan akun Facebook yang dianggap hina Jokowi ke Bareskrim Polri. (Foto : Bayu Septianto/Okezone)

JAKARTA – Direktorat Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah melaporkan pemilik akun Facebook atas nama Azmiey Ariezha ke Bareskrim Mabes Polri.

Akun tersebut dilaporkan oleh TKN Jokowi-Ma'ruf karena dianggap melakukan tindakan penghinaan dan pencemaran nama baik terhadap Presiden Jokowi yang juga calon presiden nomor urut 01.

"Pada hari Senin tanggal 1 oktober 2018 ke Bareskrim Mabes Polri, berdasarkan Laporan Polisi No: LP/B/1221/X/2018/BARESKRIM, atas dugaan melakukan tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik melalui Media Elektronik terhadap Presiden Jokowi yang juga menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 17 April 2019," ujar Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma'ruf, Ade Irfan Pulungan di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).

Menurut Irfan, penghinaan dan pencemaran nama baik itu dilakukan pemilik akun tersebut dengan mengunggah sebuah gambar berwajah mirip Jokowi dengan bentuk tubuh sejenis binatang atau makhluk kerdil yang dianggap menyeramkan.

TKN Jokowi-Ma'ruf Amin laporkan akun Facebook yang dianggap hina Jokowi ke Bareskrim Polri. (Foto : Bayu Septianto/Okezone)

Direktorat Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma'ruf menemukan unggahan gambar tersebut pada Minggu, 30 September. Menurut Irfan, pemilik akun tersebut juga membuat konten dengan narasi berita yang berjudul "masak orang seperti ini pantas sebagai presiden".

"Tindakan dan perbuatan pemilik akun tersebut, sangatlah merugikan nama baik capres Jokowi dan merupakan perbuatan melanggar hukum," jelasnya.

(Baca Juga : Gempa di Palu dan Donggala, Prabowo-Sandi Hentikan Kegiatan Kampanye)

Irfan mengatakan, atas dasar itulah, ia dan timnya melaporkan akun tersebut ke Bareskrim Polri dan diduga melanggar pidana berdasarkan ketentuan Pasal 27 Ayat 3 jo Pasal 45 Ayat 3 UU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

"Direktorat Hukum &Advokasi TKN Jokowi-KH Ma'ruf Amin meminta kepada pihak kepolisian untuk segera bertindak cepat memproses secara hukum terhadap pemilik akun FB tersebut agar penegakan hukum dapat berjalan sesuai dengan peraturan Perundangan yang berlaku," tukasnya.

(Baca Juga : PDIP Sepakat dengan SBY untuk Hentikan Kampanye Sementara di Donggala & Palu)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini