nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Soputan Meletus, Masyarakat Diminta Waspada Potensi Aliran Lahar

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 03 Oktober 2018 12:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 03 340 1959039 gunung-soputan-meletus-masyarakat-diminta-waspada-potensi-aliran-lahar-QSIeCTCOH9.jpg Gunung Soputan erupsi pada Rabu pagi ini. (Foto: BNPB)

JAKARTA – Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, meletus pada pukul 08.47 Wita. Letusan Gunung Soputan mengakibatkan timbulnya abu vulkanis dengan ketinggian mencapai 4.000 meter di atas puncak.

"Saat ini Gunung Soputan berada ‎pada status level III (siaga)," kata Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko melalui pesan singkatnya, Rabu (3/10/2018).

(Baca juga: Gunung Soputan di Sulut Meletus Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 4 Km)

Erupsi Gunung Soputan. (Foto: BNPB)

Ia mengimbau masyarakat yang berada di sekitar Gunung Soputan menjauh dengan radius 4 kilometer. Dijelaskan Hary, daerah bukaan kawah yang akan menjadi ancaman guguran lava mengarah ke arah barat daya sejauh 6,5 km dari puncak Gunung Soputan.

"Masyarakat Gunung Soputan dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu," sambungnya.

Masyarakat juga diminta berhati-hati adanya potensi aliran lahar pascaerupsi Gunung Soputan. Ancaman lahar kemungkinan besar mengalir ke beberapa hulu sungai.

(Baca juga: Gunung Soputan Siaga, Masyarakat Diminta Jauhi Radius 4 Kilometer)

"Terutama pada sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti di antaranya Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang, dan Londola Kelewahu," paparnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini