nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pascagempa dan Tsunami, UNS Kirim Tim Tanggap Bencana ke Palu

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Rabu 03 Oktober 2018 19:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 03 65 1959307 pascagempa-dan-tsunami-uns-kirim-tim-tanggap-bencana-ke-palu-wtLhdfEwMd.jpeg Tim Tanggap Bencana UNS (Foto: Dokumentasi UNS)

JAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengirimkan Tim Tanggap Bencana ke Palu. Rektor UNS Prof Ravik Karsidi mengatakan, hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian UNS terhadap para korban gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala. Dalam mengirimkan Tim Tanggap Bencana ke Palu, UNS bekerjasama dengan berbagai pihak di antaranya bersama SAR UNS, Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Keluarga Alumni (KA) FK UNS, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Moewardi, RS Orthopedi dan Pemerintah Daerah (Pemda) Sragen.

Baca Juga : BNPB: 70.821 Jiwa Mengungsi Akibat Gempa-Tsunami di Sulteng

Koordinator Tim Tanggap Bencana UNS, Prof Hartono mengatakan untuk tahap pertama, Tim Tanggap Bencana UNS mengirimkan tujuh orang ke Palu. Tujuh orang ini terdiri dari 4 orang dari SAR UNS, 1 orang dari Mapala Vagus FK UNS dan 2 dokter dari RSUD Dr Moewardi Surakarta.

"Jadi untuk kloter pertama, kemarin kita kirim 7 orang ke Palu," ujar Hartono dalam keterangannya yang diterima Okezone, Rabu (3/10/2018).

Alat Berat Dikerahkan untuk Perbaiki Kawasan Terdampak Gempa Palu 

Hartono menambahkan, tugas Tim Tanggap Bencana UNS yang dikirim ke Palu ini yaitu untuk membantu pencarian dan evakuasi kurban. "Jadi tim awal ini ikut membantu pencarian dan evakuasi. Kemudian tim juga menyalurkan bantuan Sembako serta obat-obatan yang dibutuhkan oleh para kurban di Palu," ujar Hartono yang juga sebagai Dekan FK UNS ini.

Selain itu, tim awal yang dikirim ke Palu ini juga melakukan pemetaan wilayah di sana yang nantinya menjadi lokasi Posko dari Tim Gabungan UNS. "Jadi nanti tim awal akan melakukan pencarian lokasi yang sesuai dengan kriteria UNS. Misalnya kerusakan wilayah mencapai 90 persen dan belum terjamah bantuan maka nanti kita berdirikan Posko di wilayah tersebut," katanya.

Baca Juga : Update BNPB : 1.407 Meninggal Dunia Akibat Gempa-Tsunami Sulteng

Setelah mendirikan Posko di sana, maka Tim Gabungan UNS akan melakukan program-program lanjutan. "Jadi kalau sudah di sana akan tahu apa yang dibutuhkan oleh para korban. Apa yg dibutuhkan akan kita kirim ke sana, misalnya butuh beras kita kirim beras, butuh tikar dan selimut juga akan kita kirim," ujarnya.

Lalu tim juga akan menyiapkan program pasca evakuasi mulai dari trauma healing, sanitasi, pemenuhan air bersih, pembuatan saran MCK dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh para korban.

Alat Berat Dikerahkan untuk Perbaiki Kawasan Terdampak Gempa Palu 

"Apa yang kita lakukan ini sebagai bentuk kepedulian dari institusi dan juga bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujar Hartono.

Tim Tanggap Bencana UNS peduli Palu juga membuka donasi bagi yang ingin membantu para korban. Donasi bisa melalui Bank BNI nomor rekening 0033684356 atas nama Budiyanti Wiboworini dan konfirmasi ke nomor 08122590979.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini