nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menerka Mobil Nasional Esemka yang Segera Diproduksi

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 20:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 04 15 1959848 menerka-mobil-nasional-esemka-yang-segera-diproduksi-GkBOt7D9pZ.jpg Pabrik Mobnas Esemka di Boyolali (foto: Bram/Okezone)

BOYOLALI - Pabrik perakitan mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali terlihat masih lengang tanpa ada aktivitas produksi.

Pantauan Okezone, dari luar pabrik, terlihat bangunan pabrik sudah rampung semua dibandingkan saat Okezone datang ke sana beberapa waktu lalu.

Dengan aktifitas ini, diperkirakan Esemka akan melakukan produksi mobil nasionalnya. Namun sayang rencana untuk meluncurkan mobil nasional yang bisa menjadi kebanggaan bangsa ini masih tertutup rapat.

 

Bahkan pihak keamanan pabrik tidak memberikan izin, bagi siapapun untuk masuk ke dalam. Aktifitas pabrik terpantau hanya bisa dimasuki oleh karyawan saja.

Berdasarkan informasi warga setempat, beberapa hari sering terlihat adanya lalu lalang truk kontainer yang keluar masuk pabrik. Meski tidak bisa memastikan barang bawaan, diperkirakan truk tersebut membawa beberapa komponen mobil yang akan di rakit.

Witono (60), salah satu warga Demangan yang memiliki lahan di sekitar area pabrik menjelaskan beberapa waktu belakangan ini banyak mobil truk berukuran besar datang ke lokasi pabrik.

Biasanya truk datangnya malam hari.

 

"Mpun kalih dinten nek mboten kleru truk ageng sanget bane kathah (trailer) mlebet pabrik (sudah sekitar dua hari truk trailer datang ke pabrik). Tapi saya tidak tahu banyak," tuturnya.

Witono menduga kedatangan sejumlah truk kemungkinan membawa bahan baku maupun suku cadang mobil esemka yang akan dirakit.

"Menowo bekto nopo niku, oh iya bahan-bahan kagem damel mobil,(mungkin bawa apa itu,oh iya, bahan-bahan untuk buat mobil),"jelasnya.

Pabrik Esemka dibangun diatas tanah seluas 11,4 hektar dan dikelilingi tembok tinggi. Beberapa bangunan terlihat didalam pabrik namun tidak bisa diketahui pasti fungsi dari tiap bangunan tersebut karena aturan keamanan yang ketat.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini