nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dituntut 17 Tuduhan Pencucian Uang, Istri Mantan PM Malaysia Nyatakan Dirinya Tidak Bersalah

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 10:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 04 18 1959487 dituntut-17-tuduhan-pencucian-uang-istri-mantan-pm-malaysia-nyatakan-dirinya-tidak-bersalah-zVljRJfN4u.jpg Datin Seri Rosmah Mansor. (Foto: The Star)

KUALA LUMPUR – Istri dari mantan Perdana Menteri Najib Razak, Datin Seri Rosmah Mansor menyatakan dirinya tidak bersalah atas 17 tuduhan tindak pidana pencucian uang dan penghindaran pajak dengan jumlah total lebih dari RM7 juta (sekira Rp25,6 miliar) yang ditujukan kepadanya.

Rosmah dituntut di bawah Pasal 4(1) Undang-Undang Anti Pencucian Uang dan Pendanaan Anti-Terorisme dan Hasil dari Tindakan yang Melanggar Hukum Tahun 2001 (Amla) di Pengadilan Kuala Lumpur atas dugaan menerima dana dari tindakan pencucian uang.

BACA JUGA: Komisi Antikorupsi Malaysia Tahan Istri Najib Razak Atas Tuduhan Pencucian Uang

Setelah tuntutan dibacakan di hadapan Hakim Sidang Sesi, Azura Alwi, Rosmah menyatakan bahwa dirinya menginginkan sidang digelar.

Penasihat telah meminta jaminan untuk ditetapkan pada RM250.000 (sekira Rp915 juta). Rosmah juga telah menyerahkan dua paspor yang dimilikinya kepada pengadilan. Demikian dilansir Straits Times, Kamis (4/10/2018).

Suami Rosmah, Najib Razak juga tampak dipengadilan yang digelar pagi ini. Najib dituduh menerima kiriman dana sebesar RM42 juta (sekira Rp150 miliar) dari SRC International, salah satu bekas unit dari perusahaan investasi negara 1MDB, ke rekening pribadinya.

Penyelidik meyakini Rosmah telah menggunakan dana dari SRC International untuk membeli hormon anti keriput senilai RM1 juta (sekira Rp3,7 miliar) dari Amerika Serikat.

BACA JUGA: Pengadilan Malaysia Tuntut Najib Razak dengan 21 Tuduhan Pidana Pencucian Uang

Rosmah yang mengenakan baju kurung saat tiba di Pengadilan Kuala Lumpur pagi ini ditahan pada Rabu usai memberikan keterangan di markas Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC). Dia juga menghabiskan malam di tahanan lembaga tersebut.

Itu adalah ketiga kalinya Rosmah diperiksa MACC terkait kiriman dana dari SRC International yang merupakan bagian dari skandal korupsi badan investasi 1MDB. Kasus ini tengah diselidiki oleh setidaknya enam negara termasuk Amerika Serikat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini