nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Diterima di Perguruan Tinggi

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Jum'at 05 Oktober 2018 07:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 04 65 1959858 6-hal-yang-wajib-dilakukan-setelah-diterima-di-perguruan-tinggi-tT22konP2y.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Memilih perguruan tinggi memang bukan hal mudah bagi sebagian orang. Tidak mudah untuk memilih tempat di mana kamu akan menghabiskan waktu selama empat tahun. Jadi berikan apresiasi tinggi pada dirimu, karena kamu layak mendapatkan perguruan tinggi pilihanmu.

Tidak masalah kalau kamu memikirkan kuliah walaupun sekarang kamu masih SMA, cobalah untuk mempersiapkannya dari sekarang. Mengutip beberapa pakar, berikut adalah hal yang harus kamu lakukan usai diterima di sebuah perguruan tinggi yang dilansir dari Hercampus.com:

Baca Juga: Revolusi 4.0, Mahasiswa Dituntut Pahami Literasi Baru

1. Jangan banyak merenung dan khawatir

Setelah kamu dengan susah payah diterima di perguruan tinggi, jangan terjebak dan merenung dengan pertanyaan “bagaimana jika…”. Sebab, pertanyaan ini tidak akan habisnya.

Kamu telah memilih sekolah yang paling sesuai dengan sasaran hidupmu. Jika kamu tahu bahwa dirimu telah memilih dengan bijak, jauhkan diri dari kekhawatiran. Ini tidak akan membantumu.

Perencana pendidikan bersertifikat dan salah satu pendiri Penerimaan Ahli Dr. Bari Norman, mengingatkanmu untuk tetap fokus.

 kampus

2. Cari tahu soal kampus

Saat mendapat penguman lulus, bagian administrasi kampus akan mengirimkan informasi tentang mendaftar ulang untuk orientasi atau ospek, memilih tempat tinggal seperti asrama dan paket makan (bila tinggal di asrama kampus), dan bahkan memilih kelas kuliah.

Baca Juga: 6 Trik Menjaga Kesehatan Mental saat Musim Ujian

Perhatikan dan tuliskan deadline waktu kapan kamu akan kuliah sehingga kamu siap untuk bulan-bulan menjelang hari pertama sekolah. Jika kamu tidak terlalu jelas mengetahui tentang apapun, jangan takut untuk membalas email dan hapuslah segala keraguanmu. Tentu ada balasan email dari bagian tersebut, jadi jangan takut untuk bertanya!

 kampus

3. Ajukan Beasiswa

Perguruan tinggi adalah sebuah sekolah yang memerlukan keuangan yang besar. Cobalah untuk mencari beasiswa di kampusmu. Hal ini mungkin dapat membantu kedua orangtua mu dalam pengeluaran kuliahmu.

Luangkan beberapa jam setiap minggu untuk mengajukan permohonan beasiswa. Ini sangat mudah untukmu, bertemulah dengan bagian keuangan atau kemahasiswaan untuk menanyakan beasiswa perusahaan dan berkas apa yang diperlukan. Mungkin hanya perlu mengisi beberapa informasi dan menulis esai diri.

Jangan takut untuk tidak mendapatkan beasiswa, kamu bisa menemukannya langsung secara online. Ada banyak beasiswa yang dapat kamu temukan hanya dengan pencarian Google.

4. Berkenalan dengan dengan mahasiswa baru lainnya

Cara yang bagus untuk menenangkan saraf pra-kuliah kamu adalah berkenalan dengan siswa baru lainnya. Dengan begitu, kamu sudah memiliki beberapa teman bahkan sebelum kamu menginjakkan kaki di kampus.

Cobalah cari dengan kutipan Mahasiswa Baru atau Kelas [Masukkan Tahun Wisuda] di website kampusmu, hal ini dilakukan kampus supaya memiliki satu untuk membantu siswa baru menumbuhkan rasa kebersamaan. Bergabung dan aktif di halaman website atau facebook kampusmu.

Kamu mungkin saja bertemu dengan beberapa teman baik. Dan jika kamu benar-benar terhubung dengan seseorang, kamu bahkan dapat bertanya kepada orang itu apakah dia ingin tinggal bersama satu kamar asrama/tempat tinggal.

Baca Juga: Daftar Negara yang Biaya Pendidikannya Mahal

5. Belanja keperluan untuk kuliah

Pastikan kamu memiliki rencana ketika kamu pergi berbelanja untuk persediaan asrama. Tuliskan daftar singkat hal-hal penting yang kamu perlukan untuk keperluan kuliah dan kamar asramamu.

Jangan sampai kamu lupa membawa alat-alat kuliah atau keperluan kamarmu nanti. Kampusmu mungkin akan memberi Anda daftar apa saja keperluan yang dibutuhkan selam perkuliahan atau catatan untuk di asrama, tetapi jika tidak, jangan ragu untuk memeriksa daftar kemasan kuliah utama kami.

 kampus

6. Rileks

Akhirnya, dan yang terpenting, biarkan diri kamu rileks. Kamu telah berhasil mempersiapkan diri segala macam keperluan kuliah dan kamar asramamu sendiri.

Mulai sekarang, kamu akan memiliki lebih banyak kebebasan dalam hidupmu dan peluang yang tidak terbatas. Biarkan diri kamu santai hingga jadwal masuk kuliah, karena kuliah akan cukup menyita banyak waktu dan beristrahatlah dari sekarang.

Itulah beberapa hal yang dilakukan setelah kamu diterima di perguruan tinggi, selamat berjuang dan semoga berhasil, kuliah di tahun ini. Kamu dapat mencapai apa saja dan segalanya jika kamu memikirkannya. Bersemangatlah tentang pengalaman kuliahmu dan teruslah bermimpi.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini