nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesiapan Indonesia Gelar Asian Para Games 2018 di Tengah Duka Bencana

Rizka Diputra, Jurnalis · Jum'at 05 Oktober 2018 14:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 05 1 1960118 kesiapan-indonesia-gelar-asian-para-games-2018-di-tengah-duka-bencana-kfvfcJeVKo.JPG Menko PMK, Puan Maharani (Foto: Biro Humas Kemenko PMK)

JAKARTA - Bangsa Indonesia tak hentinya dilanda musibah bencana alam. Belum lama Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) berduka, kini warga Palu, Donggala dan Sigi di Sulawesi Tengah (Sulteng) harus merasakan duka yang sama akibat bencana alam berupa gempa dahsyat disusul gelombang tsunami dan likuifaksi melanda wilayah mereka. Hingga kini baik penanganan dampak bencana di NTB maupun Sulteng masih terus dilakukan.

“Kita semua masih merasakan duka cita dan prihatin yang mendalam bagi saudara-saudara sebangsa dan setanah air kita yang terkena musibah bencana”, ujar Menko PMK dalam pembukaan Media Briefing Asian Para Games 2018 di Ruang Heritage, Kemenko PMK, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Pemerintah saat ini lanjut Menko Puan, telah mengambil langkah-langkah pemulihan bagi wilayah dan masyarakat terdampak bencana. Dengan kekuatan nasional, semangat gotong royong, serta dukungan dari negara-negara sahabat, ia optimistis pemulihan akan cepat dilakukan. Sebelumnya, Menko PMK bersama Presiden telah mengunjungi Palu untuk memastikan penanganan bencana cepat dilakukan.

Sementara itu, di tengah penanganan bencana, Menko PMK memastikan bahwa persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 tetap berjalan. Asian Para Games sendiri akan dilaksanakan pada 6 Oktober hingga 13 Oktober 2018.

"Asian Para Games 2018 akan diikuti 43 negara dengan 2.832 atlet, 1.826 officials, diliput oleh 1.151 media, dan didukung oleh 13.000 relawan," ujar Menteri Puan.

Menko Puan

Ia menambahkan, Asian Para Games 2018 bakal mempertandingkan 18 cabor dengan 531 nomor pertandingan, di 19 venue dengan ketentuan venue delapan cabor di GBK, 10 cabor di Jakarta, dan satu cabor di Sentul.

“Seluruh persiapan sudah selesai 100 persen sehingga insya Allah kita sudah siap untuk melaksanakan Asian Para Games. Kesiapan venue, transportasi, akomodasi, wisma atlet (para village), keamanan, penyelenggaraan pertandingan, sudah disiapkan oleh panitia atas dukungan Kementerian dan Lembaga terkait," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Menko Puan juga mengajak media dan wartawan ikut membantu mempromosikan Asian Para Games 2018. Hadir dalam kesempatan ini Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi; Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita; Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari; Chef de Mission (CdM) Asian Para Games 2018, Arminsyah; Kepala BPTJ Kementerian Perhubungan, Bambang Prihartono, serta beberapa perwakilan lainnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini