Masuk Wilayah NKRI, 2 Pesawat Militer Asing Diusir Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Jum'at 05 Oktober 2018 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 05 340 1960103 masuk-wilayah-nkri-2-pesawat-militer-asing-diusir-lanud-roesmin-nurjadin-pekanbaru-G6JoXavCWM.jpg Ilustrasi pesawat. (Ist)

PEKANBARU – Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, mendeteksi adanya pesawat asing yang masuk teritorial NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Dua pesawat tempur milik Lanud Roesmin Nurjadin langsung diterjunkan untuk mengusir pesawat tidak dikenal tersebut.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsekal Pertama (Marsma) Rony Irianto Moningka mengatakan, dua pesawat asing itu terdeteksi di Perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Ada pesawat asing yang terdeteksi masuk teretorial NKRI. Diperkirakan pesawat militer. Kita belum tahu dari negara mana," ucap Rony Irianto Moningka di Mako Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Jumat (5/10/2018).

Pesawat F 16 di Pekanbaru. (Foto : Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

Dia menjelaskan, pesawat asing itu terdeteksi oleh TNI AU pada 4 Oktober 2018 sekira pukul 14.00 WIB. Setelah melakukan koordinasi dengan Mabes TNI AU, Lanud Roesmin Nurjadin langsung bergerak kesasaran dengan dua pesawat tempur.

(Baca Juga : Lanud Pekanbaru Minta Perpanjangan Run Way hingga 3.000 Meter Usai Insiden F-16)

"Kita kerahkan pesawat tempur dari skuadron 16. Kemudian pesawat F-16 mendekati dua pesawat asing itu," imbuhnya.

Namun ternyata, dua pesawat tempur asing itu mengetahui kedatangan 2 pesawat RI. Pesawat asing kemudian kabur dan keluar dan Natuna.

(Baca Juga : 4 Pesawat Tempur Rusia Mendarat di Biak, Jadi Tontonan Warga)

"Setelah kedatangan pesawat kita, pesawat asing itu langsung keluar. Setelah itu kita tetap patroli terus untuk memastikan pesawat asing itu tidak muncul lagi," imbuhnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini