nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PPLN: Ada 2 Juta Buruh Migran yang Terdaftar di DPT Pemilu 2019

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Minggu 07 Oktober 2018 21:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 07 337 1960815 ppln-ada-2-juta-buruh-migran-yang-terdaftar-di-dpt-pemilu-2019-whyhAXXCVv.jpg Diskusi di Bawaslu (foto: Harits/Okezone)

JAKARTA - Ketua Pokja Penyelenggara Pemilu Luar Negeri (PPLN) Wajid Fauzi menjelaskan bahwa terdapat 2.025.344 daftar pemilih tetap (DPT) luar negeri. Namun, data tersebut akan terus diperbaiki demi terselenggaranya Pemilu pada April 2019 mendatang.

"Itu data kita pada 16 September 2018. Setelah itu, saat ini detik-detik ini, masih memperbaiki," ujar Wajid di kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (7/10/2018).

Dikatakan Wajid, pada 5 September, DPT dari seluruh PPLN terdapat 2.049.791. Akan tetapi usai dilakukan perbaikan terdapat data pemilih yang ganda.

Ilustrasi Pemilu (foto: Okezone)Ilustrasi Pemilu (foto: Okezone) 

"Kemudian memerintahkan kepada PPLN untuk mencermati kembali untuk diteliti kembali, jangan sampai ada data ganda," jelas dia.

Ia mengungkapan, saat ini pihaknya akan terus memperbaiki dan di mana nantinya Pokjanya akan meminta data lagi pada 16 Oktober mendatang.

"Satu bulan setelah rapat di KPU, kita minta mereka melaporkan apa yang terjadi di sana. Sebagai gambaran teman-teman itu data migrant di luar negeri," katanya.

Selain itu, Wajid turut menceritakan bilamana kendala PPLN untuk mendapatkan data dikarenakan mereka yang bekerja sulit untuk ditemui dan sulit mendapatkan izin dari bosnya.

"Melihat beberapa kendala ada banyak yang tidak seperti itu sehingga kedatangannya pun kita tidak tahu, kepulangannya tidak tahu. Sehingga PPLN menghadapi kesulitan," tandasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini