nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 4 Tanda Anda Bisa Kuliah Sambil Kerja

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Minggu 07 Oktober 2018 18:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 07 65 1960804 ini-4-tanda-anda-bisa-kuliah-sambil-kerja-sLFFplSzUy.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA – Kehidupan kampus tentunya penuh dengan banyak pengalaman yang tak terlupakan, misalnya sahabat seumur hidup dan segala macam ilmu pendidikan yang tak tergantikan.

Selain hal itu ada pengeluaran yang cukup besar seperti biaya kuliah, biaya buku, makanan, dan ekstrakurikuler yang tampaknya akan mengalir keluar dari dompetmu.

Kamu bisa mencari uang tambahan tanpa mengorbankan semua barang-barangmu untuk dijual dan tanpa menganggu tugas kuliahmu.

Melansir dari Hercampus.com, Minggu (7/10/2018), berikut ini tanda-tanda untuk melihat apakah kamu dapat menangani kuliah disaat bekerja part time.

1. Bosan

Mungkin kamu sedang mencoba meringankan beban tugasmu dengan mengerjakannya tepat waktu, atau kamu baru saja menguasai cara-cara bekerja secara efisien untuk keperluanmu nantinya.

Kedua hal yang kamu lakukan diatas adalah cara yang baik, tapi jika kamu punya banyak waktu luang dan bosan dengan kegiatan kuliah yang tidak terlalu banyak membuang waktu, kamu bisa mencari kegiatan produktif untuk membantumu menghasilkan uang, dengan bekerja part time atau paruh waktu. Seorang mahasiswa tingkat dua di Universitas Pace Angela Laurito, mengatakan perasaan itu dengan baik.

“Saya merasa kurang produktif dengan waktu luang saya, jadi saya tahu bahwa saya butuh pekerjaan,” katanya.

"Aku secara alami seorang yang berprestasi yang berfungsi dengan baik pada jadwal yang ketat,"

Tidak ada salahnya bukan, jika kamu merasa gelisah, kerja paruh waktu mungkin merupakan solusi bagi masalahmu!

2. Ingin Mengasah Keterampilan

Kamu membuat biodata diri di berbagai macam organisasi atau kegiatan di kampus, tetapi tidak ada salahnya biodata diri kamu dicoba untuk mendaftar sebuah pekerjaan.

Jika kamu mencari cara yang sukses untuk menunjukkan kepada semua orang di masa depan bahwa kamu layak mendapat gaji, pekerjaan paruh waktu adalah tempat yang bagus untuk memulainya.

Direktur Pengembangan Karir di Temple University Laura Craig, berpendapat bahwa pekerjaan paruh waktu adalah peluang bagus untuk memajukan kemampuan profesional diri.

“bekerja paruh waktu dapat membangun keterampilan yang dicari para pengusaha: profesionalisme, penyelesaian masalah, kepemimpinan dan kerja tim. Keterampilan ini melintasi berbagai pekerjaan paruh waktu, dan mereka ada di sana jika dirimu bersedia mengedepankan inisiatif untuk mengembangkannya. ”

Latihan dirimu menjadi orang yang sempurna, sempurna dalam segala praktik kantormu dengan pekerjaan ringan sepanjang tahun.

3. Membutuhkan Uang Tanpa Bekerja Full Time

Jika kamu mengambil pekerjaan full time, tentu akan menghabiskan waktu yang sangat banyak terlebih kamu belum mengerjakan segala tugas kuliahmu, jangan terlalu dipaksakan untuk mendapatkan uang tetapi kamu yang stress akibatnya. Pekerjaan part time adalah pilihan yang sangat baik.

Senior di Florida International University Kayleen Parra Padron, mengatakan bahwa ia pernah bekerja full time dua tahun pertama kuliahnya.

"Saya bekerja 40 jam lebih dan saya tidak akan pernah bebas pada akhir pekan atau hari libur besar. Itu adalah yang terburuk. Saya gagal dan mengikuti kelas tahun berikutnya," katanya.

"Saat ini saya bekerja paruh waktu sebagai sekretaris dan saya memiliki begitu banyak waktu untuk pekerjaan rumah dan tugas. Saya telah membuat daftar dekan dua semester berturut-turut!,”

4. Ingin Menghabiskan Lebih Banyak Waktu Untuk Sebuah Minat


Misalnya kamu benar-benar kutu buku, namun kamu tidak menemukan cukup cara untuk menjelajahi minat bacaan buku baru? Pekerjaan paruh waktu bisa menjadi metode yang bagus untuk memonetisasi gairahmu.

Craig menyebutkan bahwa pekerjaan yang selaras dengan minat seseorang, "seperti seseorang yang suka berolahraga di pusat rekreasi di kampus," membuat pekerjaan paruh waktu bagi siswa lebih menyenangkan.

Pikirkan tentang hobi yang kamu inginkan agar kamu dapat menghabiskan lebih banyak waktu dikampus, dan gunakan part time atau paruh waktu sebagai cara untuk mendapatkan bayaran untuk mengejar minatmu!

Ada banyak alasan mengapa mahasiswa harus berburu pekerjaan paruh waktu untuk melengkapi studi mereka, namun setiap mahasiswa harus mengingat bahwa hal utama yang harus dilakukan adalah belajar! Selama kamu tidak memikirkan finansialmu, singkirkan pekerjaan paruh waktu dan cobalah untuk mengatur pengeluaran mingguanan atau bulananmu!.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini