nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Istri PM Israel Diadili Terkait Penipuan Jasa Boga

Antara, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 14:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 08 18 1961067 istri-pm-israel-diadili-terkait-penipuan-jasa-boga-EtDr5P8Ewv.jpg Sara dan Benjamin Netanyahu. (Foto: Reuters)

YERUSALEM - Istri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Sara, muncul di pengadilan pada Minggu dalam persidangan pertama soal penipuan.

Ia diduga telah menyalahgunakan dana negara dalam memesan makanan jasa boga.

Menurut dakwaan, Sara Netanyahu beserta seorang pegawai negeri telah menyelewengkan dana negara sebesar lebih dari USD100.000 (sekira Rp1,5 miliar).

BACA JUGA: Istri PM Israel akan Didakwa atas Skandal Pemesanan Makanan

Dana itu digunakan untuk memesan makanan dari sejumlah restoran.

Keduanya dianggap melanggar peraturan, yang melarang mereka melakukan pemesanan jika juru masaknya dipekerjakan di rumah.

Sara membantah dirinya melakukan kesalahan.

Ia pada Juni didakwa melakukan penipuan dan ingkar janji serta terlibat dalam pengeluaran kuitansi dengan kecurangan.

Jika terbukti bersalah, Sara Netanyahu akan menghadapi hukuman penjara hingga lima tahun.

Sara, yang terlihat tegang, tidak memberikan pernyataan kepada para wartawan yang memenuhi ruang sidang sempit. Ia duduk di bangku di samping para pengacaranya.

Persidangan pertama itu sebagian besar membahas soal prosedur.

Hakim menetapkan tim jaksa dan pengacara para terdakwa akan bertemu pada 13 November. Hakim berharap pada saat itu kedua pihak bisa mempersempit perbedaan "atau bahkan bisa menyelesaikan kasus tersebut".

Namun, penyelesaian pada tingkat ini tampaknya sulit dicapai karena jaksa kemungkinan akan menuntut Sara mengaku bersalah, posisi yang ditepis tim pengacaranya.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang juga sedang menghadapi penyelidikan korupsi terhadapnya, menganggap tuduhan yang ditujukan terhadap istrinya itu tidak masuk akal dan tidak berdasar.

Sara Netanyahu, 59, telah menghiasi laporan utama media pada masa lalu terkait sikapnya yang dianggap angkuh oleh sebagian kalangan.

Pada 2017, Benjamin dan Sara Netanyahu memenangi tuntutan hukum atas seorang wartawan Israel, yang mengatakan bahwa Sara pernah mengusir suaminya keluar dari mobil ketika keduanya bertengkar.

BACA JUGA: Perlakukan Pembantu Layaknya Budak, Istri PM Israel Berhadapan dengan Hukum

Pada 2016, pengadilan ketenagakerjaan Yerusalem memutuskan bahwa Sara telah menghina dan memarahi staf rumah tangga di kediaman resmi perdana menteri.

Sejauh ini, masalah hukum yang mengelilingi Sara belum merugikan posisi politik suaminya. Benjamin saat ini menjalani periode keempat kepemimpinan Israel dan terus memimpin posisi dalam jejak pendapat kendati ia menghadapi berbagai tuduhan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini