nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siswa SD Ini Ternyata Sudah 1 Tahun ke Sekolah Sambil Bawa Adiknya

Syaiful Islam, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 06:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 08 519 1960875 siswa-sd-ini-ternyata-sudah-1-tahun-ke-sekolah-sambil-bawa-adiknya-0IoKUs85cp.jpg Siswa SD di Sampang, Jatim, saat menimang adiknya di dalam kelas. (Foto : Okezone/Facebook Leendya Putri)

SURABAYA – Semangat Fatta, siswa kelas 5 SDN Palenggiyen 1 Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, dalam menuntut ilmu patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, bocah ini pergi ke sekolah sambil membawa adik.

Hal ini dilakukan Fatta karena orangtuanya bekerja di sawah. Secara otomatis sang adik tinggal sendirian di rumah, bila tidak dibawa ke sekolah oleh Fatta. Selama mengikuti kegiatan belajar-mengajar di kelas, sang adik juga ikut berada dalam kelas.

Karena adiknya perempuan, jadi duduk bersama dengan murid perempuan. Jika istirahat tiba, Fatta tidak bermain bersama teman-temannya, melainkan bermain dengan sang adik. Terkadang Fatta menggendong adiknya karena ngantuk ingin tidur.

Kebiasaan Fatta membawa adik bukan baru-baru ini dilakulan. Tetapi, Fatta membawa adiknya ke sekolah sejak dirinya kelas 4. Beruntung sang adik tidak rewel selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, sehingga tidak mengganggu Fatta.

Fatta membawa adiknya (tengah) ke sekolah karena kedua orangtuanya pergi ke sawah sehingga tidak ada yang menjaga adiknya di rumah (Ist)

Salah satu Guru di SDN Palenggiyen 1, Leendya Putri Kurniawati, menyatakan pihak sekolah tidak berhenti memberikan pengertian kepada orangtuanya supaya Fatta tak membawa adik ke sekolah. Tidak hanya orang tua, tapi Fatta juga diberi pengertian agar tidak membawa adik ke sekolah.

"Namun tetap saja bahkan tidak datang ke sekolah. Akhirnya Fatta membawa sang adik ke sekolah. Beruntung selama kegiatan belajar mengajar adiknya tidak rewel, jadi Fatta bisa mengikuti pelajaran," terang Leendya pada Okezone, Minggu (7/10/2018).

(Baca Juga : Siswa SD di Sampang Bawa Adik Setiap Hari ke Sekolah Jadi Viral)

Menurut Leendya, Fatta membawa adiknya ke sekolah karena kedua orang tua bekerja di sawah. Jadi sang adik tidak ada yang menjaga di rumah. Meskipun begitu nilai rapor Fatta cukup bagus.

"Nilainya Insya Allah di atas rata-rata. Ketika ditanya punya cita-cita apa, Fatta tidak menjawab melainkan hanya tersenyum," ucap guru yang memakai hijab ini.

(Baca Juga : Raisa Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Sutopo BNPB)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini