nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Ini Kembangkan Kamus Komputer, Begini Cara Kerjanya

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 08 65 1961121 mahasiswa-ini-kembangkan-kamus-komputer-begini-cara-kerjanya-oBBX6NdAH6.jpeg Aplikasi Kamus Komputer Universitas Negeri Yogyakarta (Foto: Dokumentasi Website UNY)

JAKARTA – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tentu harus memahami dan menguasai kompetensi kejuruan yang ada disekolahnya, misalnya jurusan komputer harus memahami arti dari istilah-istilah komputer dan jaringan seperti Hardisk, RAM, Router, Kabel UTP, dll.

Pengetahuan tentang istilah-istilah tersebut merupakan modal dasar yang harus dikuasai oleh siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Sayangnya, sebagian besar pembelajaran mengenai istilah komputer dan jaringan masih bersumber pada media tradisional yakni buku yang hanya mencakup istilah yang sering muncul dalam pembelajaran saja, tidak mencakup istilah komputer dan jaringan secara luas.

Selain itu,buku pelajaran tidak bisa di update sesuai perkembangan dunia teknologi informasi saat ini karena data yang digunakan masih bersifat statis. Hal ini menyebabkan pengusaan materi tentang arti istilah komputer dan jaringan belum maksimal.

Berawal dari masalah itu, mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Taufik Anwar Solikhin mencoba mengembangkan Aplikasi Mobile kamus istilah komputer dan jaringan (Komjar) berbasis android sebagai media bantu belajar siswa SMK sebagai Tugas Akhir (TA) Skripsinya dibawah bimbingan Dosen, Dr. Eko Marpanaji.

Taufik menjelaskan bawa halaman menu utama pada aplikasi ini g berisi daftar istilah komputer dan jaringan kemudian halaman yang berisi daftar istilah favorit pilihan pengguna.

“Sedangkan halaman penjelasan istilah adalah halaman yang berisi penjelasan istilah yang dipilih pengguna, ada pula halaman menu yang berisi informasi tentang informasi aplikasi dan pengembang aplikasi serta halaman yang berisi tentang petunjuk penggunaan dan fitur yang ada di aplikasi,”ujar Taufik yang dikutip Okezone dari website UNY, Senin (8/10/2018).

Menurut Taufik, database pada aplikasi kamus istilah komputer dan jaringan dibuat di dalam memori internal aplikasi.

“Memori internal aplikasi itu berisi kumpulan istilah dan penjelasan mengenai komputer dan jaringan. Database akan dibuat saat aplikasi pertama kali di install pada perangkat smartphone,” jelasnya.

Taufik menambahkan pengembangan aplikasi selanjutnya yaitu dengan menambahkan fitur-fitur aplikasi yang belum seperti database data isitilah dibuat online.

“Supaya nantinya pengguna akan selalu update data istilah tanpa harus memperbaharui aplikasi melalui Google Play Store. Selain itu, perlu juga ditambahkan fitur bahasa ganda Indonesia – Inggris serta mengembangkan aplikasi pada platform lain seperti Windows Phone dan iOS,”pungkasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini