nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Diisukan Menderita Kanker, Kondisi Kesehatan Duterte "Tidak Serius"

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 09 Oktober 2018 13:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 09 18 1961536 sempat-diisukan-menderita-kanker-kondisi-kesehatan-duterte-tidak-serius-ifwNuI8v7a.jpg Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (Foto: AFP)

MANILA – Pertanyaan mengenai kondisi kesehatan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte terjawab pada Selasa setelah mantan wali kota itu menjalani tes kesehatan di sebuah rumah sakit swasta. Pekan lalu, Duterte mengungkapkan bahwa dia mungkin menderita kanker setelah dia diminta melakukan tes kesehatan ulang dan melewatkan dua acara resmi pemerintah.

Pejabat Interim Menteri Dalam Negeri, Eduardo Ano mengatakan, bahwa presiden tidak menderita kanker. Duterte mengungkap hasil uji medis itu dalam rapat kabinet pada Senin malam.

BACA JUGA: Akui Kesehatannya Menurun, Duterte Tunggu Hasil Pengujian Kanker

"Dia mengungkapkan kepada kami bahwa hasil tes itu negatif, hasil tes di mana mereka mengambil sampel dari ususnya," kata Ano kepada reporter sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (9/10/2018).

Juru Bicara Kepresidenan, Harry Roque mengatakan bahwa kondisi Duterte tidak serius, tetapi akan tetap dirahasiakan. Roque menambahkan, Duterte akan mematuhi undang-undang dan mengumumkan kepada publik jika kondisinya serius.

"Presiden akan mematuhi konstitusi, tetapi karena kondisinya tidak serius, dia akan memperlakukan kondisi medisnya sebagai rahasia," kata Roque. Dia menolak menyampaikan detail hasil tes tersebut dan kondisi kesehatan Duterte.

“Mari kita tunggu dia mengungkapkannya. Apa pun yang bersifat rahasia dapat diabaikan oleh orang itu sendiri. "

Konstitusi Filipina mengatur agar publik diberi tahu tentang keadaan kesehatan seorang presiden yang berkuasa, jika kondisinya serius. Jika seorang presiden meninggal saat menjabat, cacat permanen atau dilengserkan melalui pemakzulan, wakil presiden akan menggantikannya menjalani sisa masa jabatan enam tahun.

BACA JUGA: Jika Mundur, Duterte Ingin Filipina Dipimpin oleh Diktator

Kesehatan Duterte menjadi sumber spekulasi setelah dia menghilang dari pandangan publik sepanjang pekan yang lalu, tetapi para stafnya menolak rumor tentang kondisi medisnya.

Selama akhir pekan, Duterte berada di Hong Kong bersama pasangan dan putrinya dalam perjalanan yang tidak diumumkan. Asisten khususnya, Bong Go, mem-posting foto-foto keluarga Duterte selama penjalanan itu di media sosial.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini