nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembuat Isu Ratna Sarumpaet Penyusup dari Kubu Jokowi Hilang Akal Sehat

Bayu Septianto, Jurnalis · Selasa 09 Oktober 2018 17:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 09 337 1961706 pembuat-isu-ratna-sarumpaet-penyusup-dari-kubu-jokowi-hilang-akal-sehat-tD0fgBXTTh.jpg Ratna Sarumpaet (Foto: Okezone)

JAKARTA - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily menolak adanya isu bahwa aktivis Ratna Sarumpaet merupakan bagian dari kubu Jokowi-Ma'ruf yang sengaja disusupkan ke kubu pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Bahkan, Ace menyebut pembuat dan penyebar isu tersebut telah hilang akal sehatnya.

"Saya ingin menyatakan, bahwa tuduhan yang disampaikan oleh mereka Ratna Sarumpaet adalah kubu Jokowi yang ditanam di kubu Prabowo saya kira itu sudah kehilangan akal sehat," ujar Ace di Media Center Jokowi-Ma'ruf di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).

Ratna Sarumpaet

Menurut Ace, sejak lama Ratna Sarumpaet memiliki kedekatan hubungan dengan Prabowo Subianto. Ia mencontohkan, Ratna telah mendukung Prabowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, ketika saat itu Prabowo berpasangan dengan Hatta Radjasa.

Bahkan, sebelum Pilpres 2014, Ratna telah dekat dengan Prabowo. Hal ini terlihat saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012, Ratna mendukung Jokowi yang berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Dukungan Ratna ke Jokowi-Ahok kala itu, lanjut Ace, bukan karena sosok Jokowi, melainkan karena Partai Gerindra saat itu bersama PDIP mengusung Jokowi-Ahok.

"2012 jelas jangankan Ratna Sarumpaet, Prabowo saja mendukung Ahok kok dan dukung Jokowi tentu. itu kan dia foto bareng yang disebarkan di medsos itu itukan foto bareng Ahok, anak-anaknya Ratna Sarumpaet, Ratna Sarumpaet dan Ahok sendiri kan," tutur Ace.

"Jangankan Ratna Sarumpaet, Prabowo aja dukung Jokowi Ahok waktu itu. Jadi saya kira itu sudah kehilangan akal sehat," imbuhnya.

(Baca Juga: Agar Tak Ulangi Kebohongan, Ratna Sarumpaet Diminta Tetap di Dalam Tahanan)

Sebelumnya, kabar Ratna menjadi penyusup muncul dalam percakapan sejumlah akun media sosial. Foto wanita berusia 70 tahun itu terpampang mengenakan kemeja kotak-kotak, khas seragam kampanye Jokowi- Ahok di Pilkada DKI 2012 silam.

Istilah penyusup juga dikatakan Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak. Usai konferensi pers Prabowo soal hoaks penganiayaan Ratna, Dahnil menyebut peristiwa itu akan menjadi evaluasi internal.

"Kami akan men-screening lebih dalam, ada tidak penyusupan di tim Prabowo ini. Kami akhirnya akan men-screening semua tim di sini jangan sampai ada penyusupan yang kami tidak tahu," kata Dahnil.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini