nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan Cara Mengemudi Irit, Ditengah Kenaikan BBM

Mufrod, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 14:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 10 15 1962078 perhatikan-cara-mengemudi-irit-ditengah-kenaikan-bbm-V7FB3ipXFS.jpg Teknik mengemudi (Foto: Ist)

JAKARTA - Pemerintah hari ini mulai menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax sebesar Rp900 menjadi Rp10.400. Kenaikan tersebut tentu akan berdampak bagi para pemilik mobil, namun ada cara untuk menghemat penggunaan bbm pada mobil.

Cara mengemudi terkadang menjadi salah satu faktor bensin mobil boros, sering bermain di putaran mesin tinggi dan menekan pedal gas dalam-dalam saat stop & go menjadi salah satu cara mengemudi yang bisa menghabiskan bensin selama melakukan perjalanan.

"Pada saat kondisi macet, sebaiknya atur jarak ideal dengan kendaraan di depan, sehingga kecepatan bisa dipantau apabila harus akselerasi kembali," ungkap Didi Ahadi, Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, saat dihubungi Okezone, Rabu (10/10/2018).

Hal yang sama, menurutnya juga bisa dilakukan dalam kondisi macet sedang pengemudi bisa menahan laju mobil dengan pedal rem tanpa harus memposisikan tuas gir ke posisi normal, sedangkan untuk mobil manual bisa dengan cara menahan kopling dan rem.

"Kalo macet sedang mobil matik baiknya tahan rem saja tanpa harus memposisikan gear ke normal, begitu pula dengan manual cukup menahan kopling saja," paparnya.

Pengemudi juga bisa memanfaatkan mode Eco yang kini menjadi teknologi pada beberapa model mobil baru. Untuk memberikan efisiensi penggunaan bahan bakar menggunakan model ini, pengemudi cukup mengatur bukaan gas sesuai dengan aturan yang terdapat pada indikator.

 

Diluar hal tersebut, salah satu hal penting yang tak bisa dilupakan yakni memperhatikan tekanan angin ban, yang bisa berdampak pada kinerja putaran roda berat dan berimbas beban kinerja mesin berat yang akhirnya membuat konsumsi bahan bakar boros.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini