nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga BBM Naik, Teknologi Eco di Kendaraan Bisa Menjadi Solusi

Mufrod, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 18:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 10 15 1962268 harga-bbm-naik-teknologi-eco-di-kendaraan-bisa-menjadi-solusi-ZBbwxVImln.jpg Eco mode di sepeda motor (foto: Okezone)

JAKARTA - Kenaikan harga BBM jenis pertamax sebesar Rp900 menjadi Rp10.400 dan beberapa jenis BBM lain seperti Pertamax Turbo tentu akan memberatkan para pemilik kendaraan. Namun bagi pemilik kendaraan baru, bisa mensiasati kenaikan harga BBM melalui teknologi Eco.

Teknologi Eco diciptakan oleh banyak produsen kendaraan mobil dan motor, untuk kendaraan bermotor, teknologi ini aktif secara otomatis yang ditandakan dengan lampu Eco yang terdapat di speedometer.

 

Teknologi ini pada dasarnya membantu pengendara menjaga bukaan gas, agar supali bahan bakar ke ruang bakar tetap terjaga dan tidak boros. Meski penanda hanya berdasarkan nyala lampu dari indikator Eco yang ada.

Pada saat lampu mode Eco menyala, maka bukaan gas dinilai stabil dan mesin tidak membutuhkan suplai bahan bakar berlebih. Kecepatan yang diraih pun terbatas dimana pada mode Eco pengendara hanya bisa melajukan kecepatan kendaraan sekira 70 km/jam.

 

Kondisi tersebut juga tidak bisa dilakukan dengan cara membuka gas secara spontan atau menambah kecepatan tiba-tiba. Hal tersebut bisa berdampak pada suplai bahan bakar yang lebih boros ke ruang bakar mesin.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini