nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Proton Lepas ke Asing, Malaysia Bangun Industri Mobnas Baru

Mufrod, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 20:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 10 15 1962331 proton-lepas-ke-asing-malaysia-bangun-industri-mobnas-baru-NwELgiODxk.jpg Ilustrasi logo Proton (Foto: Okezone)

KUALA LUMPUR - Pasca Proton lepas dari Malaysia setelah diakuisisi perusahaan automotif Geely asal China. Pemerintah Malaysia tak putus arang untuk kembali membangun industri automotif barunya.

Dibawah lingkup Departemen Perdana Menteri Malaysia, organisasi ini rencananya akan menggandeng beberapa industri lokal automotif Malaysia. Target awal organisasi automotif ini tak muluk-muluk yakni meluncurkan mobil semi otonom.

Pengembangan mobil semi otonom yang diberi nama The new national car project (NNCP), rencananya akan diluncurkan pada 2020 dan model prototipenya akan diperkenalkan mulai tahun depan.

 

Menurut Menteri Pengambangan Usaha Mohd Redzuan Yusof, nama kendaraan dengan teknologi semi otonom tersebut baru akan diumumkan akhir tahun ini, sementara prototipe untuk model NNCP diharapkan akan siap pada awal tahun depan.

"Kendaraan, yang diharapkan memiliki kemampuan mengemudi semi-otonom, akan melihat partisipasi nama-nama yang segar bagi dunia otomotif," ungkap Yusof, seperti dikutip dari Paultan, Rabu (10/10/2018).

 

Untuk mengembangkan model ini, organisasi akan menggandeng tiga perusahaan lokal Malaysia yakni SilTerra dan CTRM. SilTerra adalah produsen semikonduktor Malaysia yang berbasis di Kulim.

sedangkan Composites Technology Research Malaysia (CTRM) memproduksi komponen komposit terutama untuk struktur aeronautika, meskipun sekarang bergerak ke bidang lain seperti komponen komposit manufaktur untuk aplikasi kereta api ringan dan otomotif.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini