nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendadak Mundur, Nikki Haley Diisukan Maju dengan Trump di Pilpres AS 2020

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 10:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 10 18 1961951 mendadak-mengundurkan-diri-nikki-haley-diisukan-maju-dengan-trump-di-pilpres-as-2020-ijGHMb8M5g.jpg Nikki Haley. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Pengunduran diri Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley mengejutkan banyak orang, terutama dari kalangan pengamat dan jurnalis. Tidak butuh waktu lama, spekulasi mengenai pengunduran diri Haley yang mendadak itu pun bermunculan di berbagai media.

RT, Rabu (10/10/2018) mewartakan, hanya beberapa saat setelah Haley mengundurkan diri, Twitter segera dipenuhi dengan teori dan opini mengenai apa yang mungkin membuat perempuan keturunan India itu mundur.

BACA JUGA: Nikki Haley Mundur Sebagai Dubes AS untuk PBB

Banyak yang menduga pengunduran diri Haley memiliki hubungan dengan sebuah kolom opini atau op-ed anonim yang sangat kritis terhadap Pemerintahan Presiden Donald Trump yang dimuat oleh New York Times bulan lalu. Haley diduga sebagai penulis yang mengklaim dirinya sebagai “bagian dari perlawanan di dalam pemerintahan Trump” di dalam kolom op ed yang ditulisnya.

Selain spekulasi mengenai op ed di New York Times, beberapa jurnalis dan pengamat lain menduga pengunduran diri Haley mungkin disebabkan karena mantan Gubernur South Carolina itu ingin maju sebagai calon presiden dari Partai Republik pada pemilihan presiden 2020.

Namun, dugaan mengenai pencalonan diri Haley segera dibantah oleh yang bersangkutan. Haley mengatakan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri dan akan berkampanye untuk Trump di pemilihan presiden mendatang. Selain itu, tidak tampak adanya suasana permusuhan dalam pengunduran diri Haley sehingga spekulasi mengenai kolom di New York Times tampaknya juga tidak benar.

BACA JUGA: Dubes AS untuk PBB Diteriaki "Penandatangan Genosida" saat Pidato di Houston

Bantahan Haley justru memicu spekulasi lainnya yang menduga dia mengincar posisi wakil presiden, menggantikan Mike Pence untuk mendampingi Trump dalam pemerintahan pada 2020.

Spekulasi lain juga muncul mengenai siapa yang akan menggantikan Haley sebagai Dubes AS di PBB. Beberapa nama, termasuk Kepala Komite Hubungan Internasional Senat AS, Bob Corker dan putri Trump, Ivanka dinilai sebagai kandidat yang kuat untuk duduk di New York.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini