nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Empat Orang di China Tewas Ditelan Lubang yang Tiba-Tiba Muncul di Tanah

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 12:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 10 18 1962032 empat-orang-di-china-tewas-ditelan-lubang-yang-tiba-tiba-muncul-di-tanah-JXHhjvDrDg.jpg Lubang besar yang muncul di trotoar Kota Dazhou, China. (Foto: AP).

DAZHOU – Empat orang tewas setelah jatuh ke dalam lubang yang tiba-tiba muncul di tanah di Kota Dazhou, China pada Minggu.

Lubang berukuran 10 meter persegi itu muncul sekira pukul 2.30 sore waktu setempat saat banyak orang lalu lalang di lokasi. Berdasarkan laporan media lokal, permukaan tanah yang dipijak tiba-tiba terbuka menelan beberapa orang yang berada di atasnya dalam hitungan detik.

Dua orang yang berhasil diangkat dari dalam lubang, pasangan yang baru saja menikah, meninggal di rumah sakit akibat luka-luka yang dialami. Sementara dua korban tewas lainnya ditemukan terkubur di bawah puing-puing di kedalaman sekira 9 meter.

Operasi penyelamatan dipersulit oleh fakta bahwa lubang itu tidak stabil. Dua petugas pemadam kebakaran hampir ikut tertelan ketika lubang tersebut tiba-tiba runtuh lagi.

Ketika kami tiba, area yang ambrol itu tidak besar, yang hanya menutupi sekira 2 meter baik panjang dan dalamnya. Tapi selama proses penyelamatan, area itu runtuh lagi, menyebabkan lubang membuka sebesar 2 meter lagi," kata Petugas Pemadam Kebakaran Gao Mingyue sebagaimana dilansir Sputnik, Rabu (10/10/2018).

"Petugas pemadam kebakaran segera dievakuasi saat melakukan pekerjaan penyelamatan."

Insiden ini juga menyebabkan kerusakan pada infrastruktur yang berada di bawah lubang tersebut. Kabel tegangan tinggi dan pipa gas dilaporkan mengalami kerusakan dan saling terbelit satu sama lainnya.

Selain itu lapisan tanah tempat lubang besar itu muncul terlalu tebal untuk ditangani oleh excavator yang tersedia.

"Mengingat apa yang kami temukan di dalam lubang, kabel-kabel saling terbelit dalam kekacauan, termasuk dua jaringan tegangan tinggi, kabel listrik yang lemah dan saluran pipa gas," kata Gao.

Sampai saat ini, penyebab munculnya lubang besar itu masih belum diketahui dengan jelas, namun biasanya lubang seperti itu muncul karena terjadinya erosi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini