nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump: Pertemuan dengan Kim Jong-un Akan Digelar Setelah Pemilu AS November

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 14:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 10 18 1962072 trump-pertemuan-dengan-kim-jong-un-akan-digelar-setelah-pemilu-as-november-fumQ6JGqVm.jpg Pemimpin Korut, Kim Jong-un dan Presiden AS, Donald Trump. (Foto: AFP)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan bahwa pertemuan berikutnya antara dirinya dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un baru akan terjadi setelah pemilihan umum AS yang akan digelar pada 6 November. Kepada reporter Trump mengatakan bahwa dia tidak bisa pergi sebelum pemilihan umum usai.

Pada Selasa, Trump mengatakan bahwa rencana pertemuannya dengan Kim Jong-un saat ini tengah disusun dan bahwa dia merasa ada kemajuan yang sangat baik dalam pembicaraan dengan Korea Utara. Trump mengatakan, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo telah melakukan pembicaraan yang baik dengan Kim Jong-un dalam kunjungannya ke Pyongyang akhir pekan lalu.

BACA JUGA: 5 Fakta Bersejarah Pertemuan Trump dan Kim Jong-un, Jabat Tangan Hanya 12 Detik

"Meskipun masih ada jalan panjang dan banyak pekerjaan yang harus dilakukan, kita sekarang dapat melihat jalur di mana kita akan mencapai tujuan akhir kita, yang merupakan denuklirisasi lengkap dan terakhir yang diverifikasi dari Korea Utara," kata Trump sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (10/10/2018).

Trump dan Kim mengadakan pertemuan pertama mereka yang bersejarah di Singapura pada 12 Juni di mana Kim berjanji untuk bekerja menuju denuklirisasi di Semenanjung Korea. Namun, upaya tersebut mengalami sejumlah hambatan, bahkan sempat terancam gagal karena ketegangan yang sempat kembali muncul antara kedua negara.

Meski beberapa pihak mengatakan proses negosiasi dengan Korea Utara tidak memperlihatkan kemajuan, Trump mengatakan hal itu tidak benar.

BACA JUGA: Kim Jong-un Izinkan Lokasi Uji Coba Nuklir Korut untuk Diperiksa Tim Internasional

"Anda tidak melihat roket terbang, Anda tidak melihat rudal terbang, Anda tidak melihat uji coba nuklir," kata Trump di Oval Office. “Kami telah membuat kemajuan luar biasa.”

Pompeo yang mengunjungi Pyongyang pekan lalu mengatakan bahwa kedua negara sedikit lagi menyepakati detail mengenai pertemuan antara Trump dan Kim Jong-un. Dia juga mengatakan bahwa Korea Utara telah setuju mengizinkan pemeriksa internasional untuk mengunjungi lokasi uji coba nuklir Punggye-ri dan fasilitas uji coba mesin rudal Sohae setelah Washington dan Pyongyang sepakat mengenai logistik.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini