nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNIS-Kemenkumham RI Jalin Kerjasama Pendidikan Tinggi

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 21:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 10 65 1962358 unis-kemenkumham-ri-jalin-kerjasama-pendidikan-tinggi-N9VCBJLb3T.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) melakukan kerjasama dengan Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Ditjenpas Kemenkumham RI). Kerjasama dilakukan dalam rangka meningkatkan pendidikan tinggi bagi warga binaan di Lapas Pemuda Kelas II A, Tangerang.

Perjanjian Kerjasama tersebut dihadiri oleh Jajaran Rektorat dari UNIS Tangerang yang dipimpin oleh Rektor UNIS, Mustofa Kamil dan Ditjenpas Kemenkumham RI, Sri Puguh Budi Utami yang diwakili oleh Kakanwil Kemenkumham Banten, Sutrisman.

Penandatanganan MoU dilakukan terkait Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas II A Tangerang.

Baca Juga: Pemerintah Latih 900 Warga Binaan Jadi Tenaga Konstruksi

Sutrisman menjelaskan latar belakang program pendidikan ini merupakan bagian dari proses pembinaan warga binaan, agar bisa lebih baik dan maju. "Setelah dari lapas mereka diharapkan bisa berguna dan bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/10/2018).

Program ini merupakan revitalisasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menjadi lembaga pemasyarakatan pendidikan yang merupakan embrio awal untuk perguruan tinggi di lapas.

 Baca Juga: Generasi Milenial Rentan Bunuh Diri, Apa Penyebabnya?

Sementara itu, Rektor UNIS, Mustofa Kamil menyambut baik kerjasama ini yang merupakan upaya peningkatan mutu Tridharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan (akademik), riset dan pengabdian pada masyarakat.

"Hal yang cukup menarik, di mana warga binaan di lapas juga memerlukan keterampilan sebagai seorang sarjana, sehingga dapat memberikan sumbangsih dan pekerjaan yang lebih baik nantinya," tukasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini