nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Surat Kabar Turki Ungkap 15 Anggota Tim Intelijen Saudi dalam Perkara Khashoggi

Antara, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 13:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 11 18 1962598 surat-kabar-turki-ungkap-15-anggota-tim-intelijen-saudi-dalam-perkara-khashoggi-WzIybOUkLN.jpg Jamal Khashoggi hilang setelah mengunjungi Konsulat Arab Saudi di Istanbul pekan lalu. (Foto: Reuters)

ISTANBUL - Surat kabar propemerintah Turki Sabah melaporkan pada Rabu, pihaknya telah mengidentifikasi tim intelijen beranggota 15 orang yang dikatakannya terlibat dalam penghilangan wartawan terkenal Saudi, Jamal Khashoggi.

Khashoggi terakhir terlihat sepekan lalu memasuki konsulat di Istanbul untuk memperoleh dokumen terkait dengan rencana pernikahannya mendatang. Tunangannya, yang menunggu di luar, mengatakan dia tidak pernah muncul dan sumber-sumber Turki mengatakan mereka menyakini Khashoggi, seorang pengeritik kebijakan-kebijakan Saudi, dibunuh di dalam kantor misi tersebut.

BACA JUGA: Media: Jamal Khashoggi Diseret dan Dibunuh di Konsulat Saudi, Mayatnya Dimutilasi

Arab Saudi telah membantah tuduhan-tuduhan tanpa dasar bahwa pihaknya telah membunuh atau menculik Khashoggi. Pihak berwenang Saudi sejauh ini belum berkomentar mengenai 15 orang yang dilaporkan telah ke Turki tersebut.

Satu sumber keamanan Turki mengatakan sebelumnya kepada Reuters bahwa 15 orang Saudi itu, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dan memasuki konsulat pada 2 Oktober, hari yang sama dengan keberadaan Khashoggi di sana, dan kemudian meninggalkan negara itu.

Harian Sabah mempublikasikan nama-nama dan tahun-tahun kelahiran 15 orang warga Saudi yang dilaporkan tiba di bandar udara Ataturk Istanbul pada 2 Oktober itu.

Dua belas orang di antara mereka tiba pada Selasa pagi, berdasarkan foto-foto yang diperoleh di tempat pemeriksaan paspor yang dipublikasikan. Kelompok warga Saudi itu berangkat pada empat waktu yang berbeda, demikian Sabah melaporkan.

Juga diberitakan bahwa orang-orang Saudi itu tinggal di Hotel Wyndham dan Hotel Movenpick di Istanbul, tak jauh dari Konsulat Saudi. Manajemen kedua hotel tersebut menolak berkomentar.

BACA JUGA: Siapa Jamal Khashoggi? Wartawan Saudi yang Hilang di Turki dan Kenal Osama bin Laden

Salah seorang dari para pria Arab Saudi itu diidentifikasi nama dan fotonya dalam laporan Sabah sebagai seorang pakar forensik, demikian laporan-laporan media, dan namanya tercatat dalam organisasi Masyarakat Medis Forensik Saudi.

Video-video yang disiarkan NTV Turki menunjukkan para pria itu tiba di bandara tersebut dan memesan kamar di satu hotel, serta video-video tentang mobil jenis van berukuran besar tiba di kediaman konsul jenderal dua jam setelah Khashoggi memasuki konsulat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini