nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies: Penjualan Mobil Bekas Meningkat, Kebijakan Ganjil-Genap Tak Efektif

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 18:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 11 338 1962771 anies-penjualan-mobil-bekas-bertambah-kebijakan-ganjil-genap-tak-efektif-NXmHZR27AZ.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut kebijakan perpanjangan jalur ganjil-genap tidak efektif dalam mengurangi kemacetan di jalanan Ibu Kota. Karena itu, pihaknya belum bisa memutuskan apakah bakal mempermanenkan atau tidak ihwal rekayasa lalu lintas tersebut.

Indikator tidak efektifnya kebijakan itu, lanjut Anies, adanya data yang menunjukkan penjualan mobil bekas di Jakarta meningkat ketika peraturan ganjil-genap diberlakukan.

"Begitu ada rekayasa lalu lintas, lalu jumlah mobilnya meningkat secara luar biasa, rekayasa itu tidak lagi efektif," ucap Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018).

Kenaikan penjualan mobil bekas di Ibu Kota, kata Anies, data yang diterima pihaknya mencapai 15 persen. Oleh sebab itu, harus ada kajian yang mendalam untuk mengajak masyarakat agar beralih menggunakan transportasi umum.

Tilang Mobil Berpelat Nomor Ganjil di Kawasan Lebak Bulus

"Tapi yang jelas, para pengusaha kendaraan mobil bekas sudah menceritakan bahwa selama ini saja penjualan mereka naik, bahkan ada yang menyebut di atas 15 persen kenaikan penjualannya," jelasnya.

Sebagai solusi atas hal tersebut, Anies akan membangun transit oriented development (TOD). Nantinya, seluruh moda transportasi di Jakarta akan saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.

(Baca Juga : Kemenhub Siapkan Ganjil-Genap hingga Sistem Satu Arah untuk Daerah)

"Di situ ada simpul antar moda lalin (lalu lintas-red). Ada kereta api, MRT, BRT, dan akan ada LRT, akan ada kendaraan umum massal lainnya. Kemudian di situ juga ada perkantoran dan hunian. Itulah TOD," pungkasnya.

(Baca Juga : BPTJ Minta Pemprov DKI Permanenkan Perluasan Ganjil-Genap)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini