nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Publik di Arab Saudi Kini Sudah Bisa Nikmati Perjalanan dengan Kereta Cepat Haramain

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 16:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 18 1963228 publik-di-arab-saudi-kini-sudah-bisa-nikmati-perjalanan-dengan-kereta-cepat-haramain-8kFRViWE8L.jpg Foto: El-Akhbariya.

JEDDAH – Kereta cepat Haramain Arab Saudi telah dibuka untuk umum pada Kamis, 11 Oktober, siap membawa penumpang melakukan perjalanan antara Makkah dan Madinah melalui King Abdullah Economic City (KAEC) di Rabigh dan Jeddah.

"Ini adalah momen yang menandai titik balik sejarah nasional dalam transportasi modern Kerajaan,” kata Pimpinan Otoritas Transportasi Publik (PTA), Rumaih al-Rumaih sebagaimana dilansir Arab News, Jumat (12/10/2018).

BACA JUGA: Raja Salman Resmikan Jalur Kereta Cepat Haramain Arab Saudi

Kereta tersebut akan beroperasi empat hari dalam sepekan, dari Kamis sampai Minggu dan nantinya diharapkan beroperasi setiap hari. Waktu tempuh perjalanan langsung antara Mekah dan Madinah dengan kereta ini akan memakan waktu dua jam, dan perjalanan antara Mekah dan Madinah berhenti di Jeddah dan KAEC akan memakan waktu tambahan 20 menit.

Rumaih menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas dukungan mereka pada proyek ini. Dia juga berterimakasih kepada Menteri Transportasi Nabeel al-Amoudi, Pangeran Khaled al-Faisal dan mitra-mitra lainnya yang turut berperang dalam kesuksesan pembukaan proyek kereta terbesar di Timur Tengah.

Direktur Kereta Cepat Haramaian di Madinah, Saad al-Shehri mengatakan, kereta tersebut membawa 417 penumpang dalam perjalanan publik perdana dari Madinah ke Makkah.

Kereta cepat Haramain mampu mengangkut 60 juta penumpang setiap tahunnya dalam satu armada berisi 35 kereta yang masing-masing memiliki 417 kursi. Kereta yang dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 300 km per jam, dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk memastikan kenyamanan dan keamanan.

BACA JUGA: Kereta Haramain Dibuka untuk Publik Mulai 11 Oktober 2018

Kereta itu menempuh jarak 450km, menghubungkan stasiun-stasiun di Makkah, Jeddah, Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah (KAIA), King Abdullah Economic City (KAEC) di Rabigh, dan Madinah.

Proyek kereta ini adalah bagian dari Visi 2030 yang sedang dibangun Arab Saudi dan diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke kota-kota suci di kerajaan itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini