nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasib 46 Polisi Palu Belum Diketahui Meski Sudah 2 Pekan Gempa-Tsunami Berlalu

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 16:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 12 337 1963197 nasib-46-polisi-palu-belum-diketahui-meski-sudah-2-pekan-gempa-tsunami-berlalu-nvOypZnWAW.jpeg Brigjen Dedi Prasetyo (Putera/Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 46 personel kepolisian masih dinyatakan hilang pasca-gempa bumi dan tsunami melanda Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 28 September 2018. Polri menyatakan bahwa masih terus mencari keberadaan anggotanya tersebut.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan sebelumnya ada 58 polisi yang sempat disebut hilang, namun 12 di antaranya sudah ditemukan.

"Yang belum diketemukan sampai verifikasi ada 46 orang. Dari 46 orang ini masih diidentifikasi apakah yang bersangkutan masih di Palu atau luar Palu," katanya di sela Pers Gathering Divisi Humas Polri di Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/10/2018).

Evakuasi korban tsunami di Palu (Herman/Okezone)

Dedi menjelaskan, para pesonel kepolisian yang hilang itu sempat mengikuti apel pengamanan festival di Mako Dirlantas Polda Sulteng menjelang gempa dan tsunami terjadi.

"Kami masih terus mencari apakah menjadi korban atau meninggalkan Kota Palu," tutur Dedi.

(Baca juga: Masa Tanggap Darurat Gempa-Tsunami Sulteng Diperpanjang hingga 26 Oktober)

Upaya itu, kata Dedi, pihaknya coba menghubungi mereka melalui via telepon genggam namun tak ada jawaban. Begitu pula ketika sanak keluarga mencari keberadaan mereka, hasilnya nihil.

Namun, menurut Dedi, dalam melakukan pencarian, tersapat batas waktu sesuai dengan Peraturan Kapolri bagi anggotanya untuk dinyatakan hilang. Nantinya, kepada para prajurit tersebut akan diberikan kenaikkan pangkat.

(Baca juga: Palu Tak Butuh Relawan Asing Tangani Gempa-Tsunami)

"Nanti baru diterbitkan Perkap yamg menyatakan hilang. Kalau hilang nanti diberikan anumerta," ucap Dedi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini