nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Mantan Pencandu Diusulkan Jadi Duta Antinarkoba

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 23:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 12 512 1963374 polisi-mantan-pencandu-diusulkan-jadi-duta-antinarkoba-YeQlraArdu.jpeg Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG – Banyaknya anggota Polri yang terlibat kasus narkoba mengundang keprihatinan. Selain menjalani hukuman dan rehabilitasi, menjadi duta antinarkoba bagi mantan pencandu juga dianggap efektif agar mereka tak kembali jatuh ke perangkap barang haram tersebut.

“Setelah menjalani rehabilitasi, itu (polisi mantan pecandu narkoba) menjadi duta memang efektif sekali untuk pencegahan,” kata Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono di sela peresmian instalasi rehabilitasi medis di RS Bhayangkara Semarang, Jumat (12/102018).

Condro mengatakan, duta antinarkoba itu menceritakan kepada masyarakat selama menjadi budak narkoba. Kesenangan semu saat mengonsumsi narkoba harus dibayar mahal dengan penderitaan ketika kecanduan hingga menyebabkan beragam masalah baik di keluarga hingga karier kepolisian.

“Upaya mencegah semakin berkembangnya narkoba adalah salah satu pengguna itu menjadi duta. Jadi dia bisa menyampaikan bagaimana yang dia rasakan. Kemudian penderitaannya pada saat mengonsumsi narkoba, kemudian dia juga dijauhi oleh masyarakat,” terangnya.

Instalasi rehabilitasi medis di RS Bhayangkara Semarang. (Foto : Taufik Budi)

Selain dijauhi masyarakat dan keluarga, pecandu narkoba harus menjalani rehabilitasi untuk memulihkan kondisinya. Bahkan, tak jarang mereka juga mendekam di balik jeruji besi untuuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Setelah sembuh seperti apa, sehingga itu bisa menjadi role model, masyarakat tidak akan menyalahgunakan narkoba, menolak segala bentuk jenis narkoba,” tandas jenderal bintang dua yang berpenampilan kalem itu.

(Baca Juga : 130 Polisi di Jawa Tengah Kecanduan Narkoba)

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 130 anggota polisi di Jateng terpapar barang haram narkoba. Selain menjalani persidangan internal Polri, mereka juga harus mengikuti serangkaian tahapan rehabilitasi medis hingga latihan fisik di bawah pengawasan ketat personel Brimob.

(Baca Juga : Jadi Calo dan Abaikan Tugas, 6 Polisi di Tangerang Dipecat)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini