nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akibat Gempa Situbondo, 483 Rumah Rusak di Sumenep

Syaiful Islam, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 17:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 12 519 1963242 akibat-gempa-situbondo-483-rumah-rusak-di-sumenep-VaRgIeaUn3.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

SURABAYA - Pemerintah bersama aparat terus melakukan pendataan terhadap rumah yang rusak akibat gempa bumi di kepulauan Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim. Terbaru jumlah rumah warga yang rusak menembus angka 483.

Ratusan rumah yang rusak tersebut tersebar pada dua Kecamatan yakni Gayam dan Nunggunong. Serta delapan rumah saat ini masih dilakukan kroscek untuk menentukan klasifikasi tingkat kerusakan. Sedangkan korban luka mencapai 34 orang. Serta satu korban patah tulang. Sementara korban meninggal 3 orang.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menyatakan, total rumah warga yang rusak di Kabupaten Sumenep akibat gempa bumi sebanyak 483 rumah. Dengan rinciannya 261 rumah rusak ringan, 121 rusak sedang dan 93 rumah rusak parah.

"Untuk total masjid yang rusak berjumlah 12 terdiri dari rusak ringan 2, rusak sedang 4, dan rusak berat 6. Sedangkan untuk MI ada satu yang rusak sedang, sementara PAUD ada dua yang rusak," ungkap Barung, Jumat (12/10/2018).

 situbodno

Menurut Barung, pada prinsipnya masyarakat di kepulauan Sapudi sikap toleransinya sangat baik. Dimana warga yang rumahnya rusak ditampung tetangga yang rumahnya tidak rusak. Kemudian disana juga dibangun tenda untuk mengungsi sementara.

"Kebetulan di sekitar lokasi ada lapangan, jadi dibangun tenda untuk penampungan sementara. Kondisi disana kondusif setelah pemerintah akan menanggung perbaikan rumah warga yang rusak, serta menanggung biaya pengobatan warga yang terluka," tandas Barung.

 gemap

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini