Soal Make Indonesia Great Again, Demokrat: Prabowo Ingin Tiru Spirit

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 19:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 605 1963343 soal-make-indonesia-great-again-demokrat-prabowo-ingin-tiru-spirit-Og6XTCXIfM.jpg Prabowo Subianto. (Foto : Koran Sindo)

JAKARTA – Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat (PD) Ferdinand Hutahaean mengakui slogan 'Make Indonesia Great Again' yang disampaikan Prabowo saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Jakarta Timur, Kamis (11/10/2018), menirukan gaya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Pada kampanye Pemilu AS 2016, Donald Trump menyuarakan slogan “Make American Great Again”. Menurut Ferdinand, menirukan hal yang baik bukanlah hal yang salah.

"Make Indonesia Great Again itu meniru apa yang pernah disampaikan oleh Donald Trump, pada kampanye kemarin itu dengan tagline dia Make American Great Again. Sesuatu yang baik itu boleh kita tiru, itu bagus," katanya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat, (12/10/2018).

Kadiv Advokasi dan Hukum Demokrat, Ferdinand Hutahaean (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

Ia pun setuju dengan apa yang disampaikan Prabowo sebab Indonesia pernah menduduki masa kejayaannya dengan ditakuti di Asia dan internasional. Namun, katanya, saat ini kejayaan tersebut sudah hilang.

"Bahwa Indonesia itu seperti kehilangan peran di dunia internasional. Mungkin karena keterbatasan kapasitas, kapabilitas Pak Jokowi dalam komunitas internasional. Jadi, Pak Prabowo menyampaikan itu ingin kembali," paparnya.

Ferdinand membandingkan saat-saat Indonesia dipimpin Soeharto yang ditakuti di dunia. Hal itu, kata dia, terjadi ketika Indonesia dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Di zaman SBY kita juga tidak pernah ketinggalan di isu global sehingga ini harus dikembalikan dan ditingkatkan arahnya ke sana," ucapnya.

(Baca Juga : Gunakan Analogi Game of Thrones, Pidato Jokowi Dianggap Sangat Milenial)

Namun, kata dia, ucapan Prabowo tersebut bukan ingin menjiplak bahkan menirukan sifat Trump.

"Tapi, semangatnya kita ambil. Semangat membuat Indonesia baik lagi. Tidak ingin meniru Trump apalagi meniru apa yang dilakukan oleh Trump sama sekali tidak. Spirit yang terkandung dalam kalimat itu yang ingin kita ambil," tukasnya.

(Baca Juga : Sebut Prabowo Malas Kampanye, Ferdinand: Pernyataan Andi Arief Sifatnya Positif)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini