nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rektor Unnes Dituding Lakukan Plagiat?

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 12:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 65 1963044 rektor-unnes-dituding-lakukan-plagiat-ss2U8lkVJe.jpg Rektor Unnes (Foto: Website Unnes)

JAKARTA – Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Profesor Doktor Fathur Rokhman dituduh menjiplak skripsi karya mahasiswanya. Hal itu terkuak melalu sebuah situs petisi, change.org.

Berdasarkan data pada laman tersebut, kasus tersebut menuding Fathur Rokhman melakukan perbuatan tidak jujur (fraud) sebagai seorang akademisi secara sistemik dengan melakukan plagiat, terhadap karya skripsi Ristin Setiyani, 2001, double publication, self-plagiarism, copy-paste, menyuruh dan membiarkan mahasiswa menjiplak.

Baca Juga: Unnes Kembangkan Biskuit Tanpa Tepung Aman untuk Anak Autis

"Bahkan tindakan fraud ini masih terulang di tahun 2018. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Fathur Rokhman memiliki integritas dan etika akademik yang rendah,'' demikian kesimpulan dari petisi tersebut, seperti dikutip dari laman change.org, Jumat (12/10/2018).

Pada bagian penjelasan, diketahi pada tahun 2003, mahasiswi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes Anif Rida menyelesaikan skripsinya berjudul Kode dalam Interaksi Sosial di Pesantren Quran: Kajian Sosiolinguistik. Dan di bawah dosen pembimbing skripsinya Fathur Rokhman.

unnes

Kemudian makalah Rida di presentasikan dalam Kolita 1 yang diadakan oleh Universitas Atma Jaya Jakarta. Kolita adalah Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Jakarta. Kolita merupakan sebuah acara konferensi internasional di mana para peserta dari berbagai institusi mempresentasikan hasil penelitian mereka di hadapan peneliti linguistik.

Makalah Rida diduga dijiplak oleh Fathur Rokhman. Sedangkan makalah Fathur berjudul Kode Bahasa dalam Interaksi Sosial Santri: Kajian Sosiolinguistik di Pesantren Banyumas yang terbit pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional Litera. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya edisi volume 3 Nomor 1 tahun 2004. Penerbit Litera adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Melihat judul dari kedua artikel tersebut, terdapat kesamaan walaupun berbeda tahun.

Baca Juga: Menang di Asian Games 2018, 4 Mahasiswa Unnes Disambut Rektor

Selain itu, Fathur Rokhman dalam Laporan Penelitian: Pilihan Ragam Bahasa Dalam Interaksi Sosial pada Ranah Agama di Pesantren Banyumas: Kajian Sosiolinguistik, yang diterbitkan Unnes, November 2002 dan artikel Fathur Rokhman (2002) Pilihan Ragam Bahasa dalam Interaksi Sosial pada Ranah Agama di Pesantren Banyumas: Kajian Sosiolinguistik yang diterbitkan Lingua Artistika, Mei 2002 memiliki kesamaan yang tinggi (lebih dari 75%) dengan skripsi Ristin Setiyani (2001) Pilihan Ragam Bahasa dalam Wacana Laras Agama Islam di Pondok Pesantren Islam Salafi Al-Falah Mangunsari Banyumas, Unnes, 2001. Disimpulkan, Fathur Rokhman melakukan tindak plagiat terhadap skripsi Ristin Setiyani.

unnes

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini