nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rektor Unnes Dituding Plagiat, Hasil Investigasi Menunjukkan Nihil

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 12:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 65 1963050 rektor-unnes-dituding-plagiat-hasil-investigasi-menunjukkan-nihil-zKDzpQtYHC.jpeg Ilustrasi Plagiat: Shutterstock

JAKARTA - Beredar kabar bahwa Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Profesor Doktor Fathur Rokhman dituduh menjiplak skripsi karya mahasiswanya. Menanggapi hal tersebut, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Humas Unnes Hendi Pratama membantahnya.

Hendi mengatakan, tidak benar adanya dugaan plagiat yang dilakukan Rektor Unnes Prof Dr. Fathur Rokhman karena dugaan tersebut tidak memiliki dasar.

Baca Juga: Rektor Unnes Dituding Lakukan Plagiat?

“Senat Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Profesor Doktor Fathur Rokhman dituduh menjiplak skripsi karya mahasiswanya. Melalui tim investigasi yang telah dibentuk senat telah melakukan verifikasi dan hasilnya Rektor Unnes tidak melakukan plagiat. Mekanisme ini sudah sesuai dengan Permendiknas No. 17 tahun 2010. Hasil ini mengikat dan layak kita hormati bersama,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (12/10/2018).

unnes

(Rektor Unnes, foto: Website Unnes)

Pada laman change.org tertera penjelasan. Makalah Rida diduga dijiplak oleh Fathur Rokhman. Sedangkan makalah Fathur berjudul Kode Bahasa dalam Interaksi Sosial Santri: Kajian Sosiolinguistik di Pesantren Banyumas yang terbit pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional Litera. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya edisi volume 3 Nomor 1 tahun 2004. Penerbit Litera adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Melihat judul dari kedua artikel tersebut, terdapat kesamaan walaupun berbeda tahun.

Baca Juga: Unnes Kembangkan Biskuit Tanpa Tepung Aman untuk Anak Autis

Selain itu, Fathur Rokhman dalam Laporan Penelitian: Pilihan Ragam Bahasa Dalam Interaksi Sosial pada Ranah Agama di Pesantren Banyumas: Kajian Sosiolinguistik, yang diterbitkan Unnes, November 2002 dan artikel Fathur Rokhman (2002) Pilihan Ragam Bahasa dalam Interaksi Sosial pada Ranah Agama di Pesantren Banyumas: Kajian Sosiolinguistik yang diterbitkan Lingua Artistika, Mei 2002 memiliki kesamaan yang tinggi (lebih dari 75%) dengan skripsi Ristin Setiyani (2001) Pilihan Ragam Bahasa dalam Wacana Laras Agama Islam di Pondok Pesantren Islam Salafi Al-Falah Mangunsari Banyumas, Unnes, 2001. Disimpulkan, Fathur Rokhman melakukan tindak plagiat terhadap skripsi Ristin Setiyani.

unnes

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini