nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar 10 Kampus Paling Inovatif 2018 di Dunia, Apa Ada Kampus Kamu?

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 07:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 12 65 1963359 daftar-10-kampus-paling-inovatif-2018-di-dunia-apa-ada-kampus-kamu-fq47yOgf5w.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Stanford University menyabet posisi teratas dalam daftar kampus paling inovatif di dunia. Stanford University berhasil bertahan selama empat tahun berturut-turut di posisi teratas, versi Reuters Top 100: The World's Most Innovative Universities-2018.

Reuters Top 100: The World's Most Innovative Universities setiap tahunnya merilis daftar kampus yang mampu memajukan sains, aktif dalam menemukan teknologi baru dan menciptakan pasar dan industri baru.

 Baca Juga: Wow, Stanford University Jadi Almamater 51 Bos Startup Terkaya di Dunia

Stanford dinilai paling rajin mendaftarkan paten dan risetnya yang sering dikutip oleh akademisi lain di seluruh dunia. Hal ini yang menjadi kunci kampus ini bisa menempati peringkat teratas dalam daftar kampus yang bergengsi ini.

Salah satu yang menjadi sorotan, adalah riset terbaru di Stanford terkait dengan sistem kecerdasan buatan atau artificial inteligence. Teknologi terbaru ini akan sangat bermanfaat dalam sistem kamera untuk memandu mobil yang bisa mengemudi sendiri (self driving).

Sementara itu, level beberapa kampus asal Inggris dan Asia memang mencatatkan kenaikan. Walau begitu, universitas-universitas asal Amerika masih mendominasi dalam daftar tersebut.

Baca Juga: Terkuak Fakta 634 Kampus di Indonesia Tidak Sehat

Buktinya, peringkat kedua dalam daftar tersebut diduduki oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Sementara peringkat ketiga ada Harvard University.

University of Pennsylvania menduduki tempat keempat untuk tahun kedua berturut-turut, dan University of Washington naik dua tempat untuk melengkapi lima besar. University of Texas System menempati posisi keenam. Di posisi ketujuh, ada kampus asal Belgia KU Leuven.

Imperial College London yang merupakan kampus asal Inggris berada di posisi ke delapan. Lalu University of North Carolina Chapel Hill di posisi sembilan. Di peringkat ke-10, diduduki Universitas Vanderbilt yang dari AS.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini