nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stanford University Jadi Kampus Paling Inovatif, Ini Rahasianya!

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 08:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 65 1963361 stanford-university-jadi-kampus-paling-inovatif-ini-rahasianya-ZchXv7yiSE.jpg Foto: Standford University (Istimewa)

JAKARTA - Stanford University telah menyabet posisi sebagai kampus paling inovatif di dunia. Apa sebenarnya yang menjadikan kampus ini demikian hebatnya?

Reuters Top 100: The World's Most Innovative Universities-2018 merupakan daftar kampus yang memajukan sains, rajin menemukan teknologi baru dan menciptakan pasar dan industri baru.

Nah, Stanford dinilai paling rajin mendaftarkan paten dan risetnya yang sering dikutip oleh akademisi lain di seluruh dunia dan menempati posisi teratas di daftar ini.

 Baca Juga: Wow, Stanford University Jadi Almamater 51 Bos Startup Terkaya di Dunia

Kunci suksesnya, ternyata kampus ini rajin produksi paten baru dan riset yang menjadi rujukan peneliti sedunia. Wah mantap.

Salah satu riset yang tengah dikembangkan Stanford, adalah sistem kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI). Dengan berbekal AI, tim dari jurusan Electrical Engineering berusaha menciptakan kamera super canggih untuk bisa menganalisa gambar lebih cepat dan lebih hemat energi dari sistem sebelumnya.

Kamera super canggih ini akan sangat bermanfaat untuk sistem kamera di kendaraan self driving yang tengah marak dikembangkan sekarang ini. Juga untuk sistem pertahanan serta untuk alat kesehatan (medical device).

Peneliti dari jurusan Computer Science Stanford tidak mau kalah. AI akan diaplikasikan untuk menguji obat sebelum diujicoba ke manusia. Sistem ini disebut Decagon, tengah berusaha menemuakan kombinasi obat yang lebih baik untuk mengatasi penyakit yang kompleks.

Kampus Standford yang berada di Silicon Valley, pusat kota California membuat universitas ini telah memainkan peran kunci dalam pengembangan dunia jaringan kami.

Baca Juga: Mahasiswa Ini Kembangkan Kamus Komputer, Begini Cara Kerjanya

Pada awal 1970-an, profesor Stanford Vint Cerf merancang protokol TCP/IP yang menjadi standar komunikasi dasar untuk internet. Pada 1991, fisikawan di Stanford Linear Accelerator Center meluncurkan server web pertama di dunia di luar Eropa.

Banyak dari alumni universitas ini telah mendirikan perusahaan teknologi raksasa termasuk Google, Hewlett-Packard dan Cisco.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2012, memperkirakan bahwa perusahaan yang dibentuk oleh entreprenuer asal Stanford menghasilkan begitu banyak revenue atau pendapatan, dan jika digunakan untuk membentuk sebuah negara sendiri, negara tersebut akan masuk dalam 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Stanford University didirikan pada 1891 oleh senator California dan tokoh besar kereta api Leland Stanford untuk menghormati almarhum putranya, dengan janji bahwa, "anak-anak California akan menjadi anak-anak kita".

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini