nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Turki Dikabarkan Punya Rekaman Suara Khashoggi, Jurnalis Saudi yang Diduga Dibunuh

Agregasi VOA, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 11:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 14 18 1963797 turki-dikabarkan-punya-rekaman-suara-khashoggi-jurnalis-saudi-yang-diduga-dibunuh-0PTpGjiJKc.jpg Sejumlah demonstran menuntut kejelasan soal keberadaan Jamal Khashoggi di depan konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. (Foto : Reuters)

PEJABAT Turki punya rekaman audio jurnalis Jamal Khashoggi yang diduga dibunuh. Rekaman tersebut berasal dari jam tangan Apple yang dikenakan Khashoggi ketika masuk konsulat Saudi di Istanbul lebih dari seminggu yang lalu, kantor berita Associated Press melaporkan, mengutip pemberitaan harian Turki pro-pemerintah, Sabtu (13/10).

Klaim baru ini yang diterbitkan oleh harian Sabah, yang menerima bocoran dari pejabat keamanan Turki, makin memperbesar tekanan terhadap Arab Saudi untuk memberi penjelasan apa yang terjadi atas diri Khashoggi.

Juga Sabtu, diplomat top Ankara menyerukan kembali kepada Arab Saudi agar membuka konsulat di mana Khashoggi hilang, sehingga pejabat Turki bisa melakukan pencarian.

Khashoggi. EPA

Penulis Jamal Khashoggi yang menulis secara kritis tentang Putra Mahkota Mohammed bin Salman menghilang setelah dia masuk ke konsulat pada 2 Oktober. Kerajaan Saudi mengatakan, tuduhan itu tidak berdasar, meskipun seorang pejabat dini hari Sabtu mengakui untuk pertama kalinya bahwa ada yang berpendapat penulis itu dibunuh oleh kerajaan Saudi.

(Baca Juga : Arab Saudi Tuding Ada Serangan di Balik Kasus Hilangnya Jurnalis Jamal Khashoggi)

Hilangnya Khashoggi menimbulkan tekanan terhadap Presiden Donald Trump yang punya hubungan dekat dengan pihak Saudi sejak menjabat.

Pada Sabtu, Trump mengungkapkan keprihatinannya dengan nasib Khashoggi serta tidak diperolehnya jawaban, beberapa hari setelah jurnalis itu hilang.

(Baca Juga : Turki Nyatakan Miliki Rekaman yang Buktikan Saudi Bunuh Jurnalis Jamal Khashoggi)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini