nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Delik RCTI: Rusaknya Sekolah Kami

RCTI, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 15:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 14 337 1963874 delik-rcti-rusaknya-sekolah-kami-iOSvaBt4Nm.jpg

Sebagai provinsi yang tak jauh dari ibukota Jakarta, banten menyimpan segudang persoalan pembangunan, salah satunya pendidikan.

Madrasah ibtidaiyah an nazwa di desa cikadongdong, lebak ini misalnya, satu dari sekolah yang jauh dari kata layak. Hanya berdindingkan batang kayu dan bambu, sekolah ini kian lapuk termakan usia.

Meskipun sudah berdiri sejak 7 tahun lalu namun nyatanya tidak ada perbaikan sarana dan prasarana. kurangnya bangku dan kursi yang layak, juga membuat siswa harus duduk saling berhimpitan demi sekadar mendapat pendidikan.

Kondisi serupa juga terjadi pada sekolah sariak layung, desa muncang pari, kampung cigemblong, banten. sebelumnya rusaknya madrasah ini viral sejak beberapa bulan yang lalu, saat itu mereka belajar dengan duduk dilantai tanah.

Kini siswa madrasah sariak layung tak lagi duduk di lantai tanah, mereka telah mendapat bangku dan meja bantuan pihak swasta bukan pemerintah.

Sekolah merupakan swadaya warga setempat agar memiliki tempat belajar yang tak jauh dari desa mereka. sayangnya niat baik warga dengan mendirikan sekolah tidak disambut baik pemerintah daerah setempat.

Berdasarkan data pendidikan dan kebudayaan dari kemendikbud tahun 2017 – 2018, ada lebih dari 148 ribu sekolah dasar di indonesia namun hanya 26 persen ruang kelas yang dalam kondisi baik. Begitupun dengan tingkat menengah pertama dari 28 ribu SMP, hanya 36 persen ruang kelas dalam kondisi baik.

Kesadaran membangun sekolah secara swadaya adalah contoh nyata dari mereka ingin merdeka dari buta huruf dan haus akan ilmu pengetahuan.

Sayangnya niat baik dari warga tidak berjalan baik. pemerintah sangat lambat merespon dengan berbagai alasan, bukankah mendapatkan pendidikan adalah hak setiap anak negeri?. Saksikan Delik di RCTI tayang Minggu tengah malam ini.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini