nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir hingga 2 Meter Terjang Kapuas Hulu

Antara, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 14:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 14 340 1963857 banjir-hingga-2-meter-terjang-kapuas-hulu-gHpkR68rbu.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

PUTUSSIBAU - Banjir setinggi satu hingga dua meter melanda sejumlah wilayah berdataran rendah di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, sejak Sabtu 13 Oktober sore.

Banjir yang masih merendam sebagian wilayah hingga Minggu, tampak debit air luapan sungai Kapuas masih terus naik. Banjir sudah merendam Kelurahan Kedamin Hilir, Desa Tanjung Jati, Kecamatan Putussibau Selatan, daerah Dogom, Kelurahan Hilir Kantor, Kecamatan Putussibau Utara dan sejumlah desa Kecamatan Bika serta daerah pesisir sungai Kapuas, bahkan di Kecamatan Silat Hulu yang juga di landa banjir.

"Banjir seperti ini memang sudah biasa bagi masyarakat Kapuas Hulu, apalagi musim hujan seperti ini, sungai kapuas selalu mengalami pasang surut," kata warga Teluk Barak, Uju Harrun di Putussibau, Kapuas Hulu.

ilustrasi

Namun yang dikhawatirkan banjir besar yang merendam pemukiman penduduk, seperti yang pernah terjadi tahun 2010 dan tahun 2017. Sementara itu, Salmah, seorang guru SD Negeri 03 Teluk Barak mengatakan apabila banjir seperti ini pihaknya (sekolah) meliburkan siswa hingga banjir surut.

"Memang untuk Teluk Barak ini datarannya rendah. Jadi setiap kali banjir siswa kami liburkan untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan," kata dia.

(Baca Juga: 60 Rumah Warga Sijang Kalbar Terendam Banjir)

Bahkan, kata Salmah, kebiasaan warga apabila banjir kesempatan membersihkan rumah dan tidak sedikit juga warga, remaja dan anak - anak bersukaria mandi. "Jadi, kalau banjir seperti ini sudah tidak aneh lagi, namun kami tetap waspada dikhawatirkan banjir besar," jelasnya.

Terkait kondisi banjir saat ini, pihak Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu belum bisa dimintai keterangan terutama Bidang Penanggulangan Bencana pada Satuan Polisi Pamong Praja Kapuas Hulu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini