nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perbaiki Rumah Rusak Akibat Gempa, Pemprov Jatim Gelontorkan Rp23,7 Miliar

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 04:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 14 519 1963723 perbaiki-rumah-rusak-akibat-gempa-pemprov-jatim-gelontorkan-rp23-7-miliar-lSdXUvtSL7.jpg Gempa Situbondo rusak rumah (Foto: Okezone)

SURABAYA - Guna memperbaiki rumah yang rusak saat gempa mengguncang Situbondo dan sekitarnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur telah menyiapkan anggaran Rp23,7 miliar.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyampaikan dana sebesar tersebut akan digunakan memperbaiki rumah dengan kerusakan terparah di dua kecamatan yakni Gayam dan Nonggunung.

"Kita sudah siapkan dana Rp23,7 miliar khusus untuk perbaikan rumah warga," ujarnya.

(Baca Juga: Gempa 6,3 SR Situbondo Menewaskan 3 Warga Sumenep)

Ia menambahkan, anggaran sebesar itu kemungkinan besar bisa bertambah bila melihat kebutuhan di lapangan. Dengan catatan kepastian pada proses perbaikan rumah warga setempat.

"Setelah kita siapkan dana Rp23,7 miliar untuk perbaikan rumah warga. Kita targetkan perbaikan rumah warga akan selesai pada 21 hari ke depan," ungkapnya.

Gempa Situbondo 

Selain itu, Pemprov Jatim juga telah memberangkatkan tim gabungan yang terdiri dari Zeni Tempur Angkatan Darat dan Babinkamtibmas untuk melakukan penghitungan riil rumah terdampak gempa.

"Hari ini pasukan Zeni dan Babinkamtibmas akan menghitung. Nanti per rumah alokasinya berapa bisa ketahuan," katanya.

(Baca Juga: Gempa Situbondo: 246 Rumah Rusak, 1 di Antaranya Rata dengan Tanah)

Soekarwo mengatakan, dalam mempercepat perbaikan rumah warga, material rumah yang digunakan juga berasal dari toko bangunan di Sumenep.

"Kemarin kita sudah kumpulkan pemilik toko bangunan, kita koordinasi dan meminta tolong agar material bangunan itu diberikan harga grosir, bukan harga satuan," pungkasnya.

 Gempa Situ

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,4 SR yang berpusat di 61 timur laut Situbondo mengguncang sebagian wilayah Jawa Timur pada Kamis 11 Oktober dini hari pukul 01.44 WIB.

Akibat gempa tersebut tercatat ratusan rumah di kecamatan Gayam dan Nonggunong, Kepulauan Sapudi, Kabupaten Sumenep, yang terletak dekat dengan pusat gempa, mengalami kerusakan parah bahkan roboh.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini