nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tambah Personel untuk Padamkan Kebakaran di Gunung Merbabu

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 14:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 16 512 1964705 polisi-tambah-personel-untuk-padamkan-kebakaran-di-gunung-merbabu-Fh9XZmN3C9.jpeg Polisi saat memadamkan api di kawasan Gunung Merbabu. (Foto : Taufik Budi)

SEMARANG – Kebakaran yang menghanguskan hutan dan lahan di kawasan Gunung Merbabu, Jawa Tengah, masih belum bisa dipadamkan. Petugas gabungan dan sejumlah elemen masyarakat dilibatkan untuk menjinakkan amukan si jago merah.

Kasubag Humas Polres Semarang, AKP Teguh Susilo Hadi, mengatakan, pihaknya menambah personel ke lokasi kejadian untuk membantu pemadaman. Api masih mengganas di sisi barat Gunung Merbabu, di atas basecamp Thekelan-Wekas, wilayah Getasan, Kabupaten Semarang.

“Pagi tadi kita tambah personel satu pleton atau kurang lebih 20 orang. Mereka akan bergabung dengan petugas gabungan yang sudah berada di lapangan. Semoga kehadiran pasukan tambahan ini bisa cepat memadamkan api,” kata Teguh, Selasa (16/10/2018).

Polisi saat memadamkan api di kawasan Gunung Merbabu. (Foto : Taufik Budi)

Petugas terkendala beratnya medan menuju ke titik sumber api karena harus mendaki selama dua jam. Setelah tiba di lokasi titik api, petugas gabungan juga harus berhati-hati saat berjibaku mengendalikan api agar tak terperosok jatuh ke jurang.

“Petugas harus jalan kaki dari Pos Thekelan hingga TKP (sumber api). Medan di pegunungan kan lumayan berat. Jadi, harus mendaki di jalan setapak yang berkelok-kelok. Ini kita masih menunggu kabar dari sana karena di atas (lokasi kejadian) tidak ada sinyal,” tukasnya.

(Baca Juga : Basarnas Pantau Kemungkinan Pendaki Terjebak di Kebakaran Gunung Merbabu)

Sebelumnya diberitakan, sejumlah personel gabungan dari Polsek dan Koramil Getasan terus bersiaga di Basecamp Thekelan. Mereka juga diperkuat dari petugas dari Taman Nasional Gunung Merbabu dan para relawan.

(Baca Juga : Dampak Kebakaran, Pendakian ke Gunung Merbabu Ditutup)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini