nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

100 Hektare Lahan di Gunung Merbabu Ludes Terbakar

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 21:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 16 512 1964933 100-hektare-lahan-di-gunung-merbabu-ludes-terbakar-E68tNc2Ir8.jpeg Kebakaran lahan di Gunung Merbabu (Foto: BPBD Semarang)

SEMARANG – Kebakaran hebat yang melanda sejumlah lahan dan hutan di kawasan Gunung Merbabu teus membesar dan belum dapat diatasi. Sedikitnya api telah menghanguskan 100 hektare lahan yang berada di sisi barat gunung tersebut.

“Dari penjelasan pihak Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) tadi sudah 100 hektare lebih yang terbakar," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto kepada awak media, Selasa (16/10/2018).

(Baca Juga: Dampak Kebakaran, Pendakian ke Gunung Merbabu Ditutup)

Menurutnya, upaya pemadaman terus dilakukan dengan melibatkan puluhan personel gabungan TNI, Polri, dan relawan. Pemadaman hanya mengandalkan peralatan seadanya untuk melokalisasi api agar tak cepat merambat ke dearah lain.

“Mereka terus mengupayakan yang terbaik agar api tak menyebar dengan cepat. Saat ini juga tengah dilangsungkan rapat pembentukan Satgas Darurat Bencana,” lugasnya.

Dia menambahkan, hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah Kota Semarang pada Senin malam, tak terjadi di lokasi titik api. "Hujan hanya di daerah Ungaran, tapi di Gunung Merbabu enggak hujan,” tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini