nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobnas Indonesia Mulai Jalani Uji Tipe, 8 Mobil Siap Diluncurkan

Mufrod, Jurnalis · Rabu 17 Oktober 2018 13:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 17 15 1965181 mobnas-indonesia-mulai-jalani-uji-tipe-8-mobil-siap-diluncurkan-khVpY2HHL7.jpg Mobnas Esemka (foto: Okezone)

JAKARTA - PT Solo Manufakture Kreasi (SMK) telah memiliki pabrik perakitan mobil yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik seluas 11,4 hektare tersebut akan digunakan untuk memproduksi mobil nasional.

Melihat dari data uji tipe yang dilakukakan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJ-SKB), Kementerian Perhubungan (Kemenhub). mobil yang diperkirakan akan menggunakan nama Esemka ini akan meluncurkan delapan tipe kendaraan.

 

Menurut Kepala PBLJ-SKB Kemenhub, Caroline Noorida, delapan tipe mobil Esemka telah melakukan uji kelayakan. Kedelapan tipe tersebut uji kelayakannya diajukan oleh PT Solo Manufaktur Kreasi.

Kedelapan tipe mobil tersebut yang dinyatakan lulus uji tipe daiantaranya Digdaya 2.0 (4×2) M/T, Borneo 2.7D (4×2) M/T dan Garuda 2.0 (4×4) MT, Bima 1.0 (4×2) MT, Bima 1.3 (4×2) M/T, Bima 1.3 L (4×2) MT, Bima 1.8 D (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T.

Dalam uji tipe tersebut, kedelapan mobil Esemka menjalani beberapa tahap diantaranya uji speedometer, turning radius, uji berat, uji klakson, uji side slip, uji lampu, uji emisi CO dan HC idle.

Pengujian delapan tipe Esemka sendiri di uji sama seperti kendaraan lain dan tidak ada penilaian diluar pemenuhan persyaratan teknis.

 

"Pengujiannya sama dengan tipe kendaraan lain, dan seluruh pengujian tetap berdasarkan pemenuhan persyaratan teknis yang telah ditetapkan," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini