nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Bidang Komunitas Paling Diminati, dari Pendidikan hingga Automotif

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 18 Oktober 2018 12:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 18 65 1965631 10-bidang-komunitas-paling-diminati-dari-pendidikan-hingga-automotif-A9uV7RG0Pj.jpeg

JAKARTA – Menjalankan kegiatan bersama orang-orang yang memiliki minat sama sangat menyenangkan. Untungnya, di era sekarang ini tak sulit menemukan rekan dengan minat serupa.

Pada umumnya mereka bergabung dalam suatu wadah tertentu dan membentuk komunitas. Berikut komunitas yang banyak diminati versi survei Litbang KORAN SINDO.

1. Pendidikan

Masih banyaknya masyarakat yang peduli dengan dunia pendidikan menghadirkan banyak komunitas berbasis pendidikan. Komunitas ini berdiri dengan tujuan sama yakni meningkatkan kualitas pendidikan. Beberapa komunitas pendidikan di Indonesia antara lain, Indonesia Mengajar, Teras Aksara, Komunikasi 1001 Buku, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Revolusi 4.0, Mahasiswa Dituntut Pahami Literasi Baru

2. Olahraga

Aktivitas satu ini memiliki banyak penggemar. Berawal dari kegemaran individu, olahraga bisa mengumpulkan sekelompok orang sehingga membentuk komunitas. Setiap cabang olahraga memiliki komunitasnya masing-masing. Misalnya saja Indorunners yang merupakan komunitas bagi pencinta olahraga lari. Ada pula komunitas Freelatics yang merambah berbagai daerah di Indonesia.

3. Wisata dan Kuliner

Berwisata sekaligus menikmati kuliner bisa menjadi kegiatan yang membuat candu sehingga terciptalah komunitas yang bergerak di bidang wisata dan kuliner. Dalam komunitas ini, para anggotanya selain bisa bertukar informasi, mereka juga bisa menambah teman baru.

4. Kesehatan

Pernah menderita penyakit tertentu memunculkan ide untuk bergabung bersama komunitas kesehatan. Dengan bergabung bersama komunitas, para anggota dapat saling berbagi dan tukar menukar informasi seputar penanganan suatu penyakit. Berbagai kegiatan berbasis kesehatan juga bisa dilakukan semisal, berolahraga atau aksi donor darah.

dokter

5. Seni dan Budaya

Indonesia mempunyai beragam seni dan budaya. Hal tersebut memunculkan berbagai komunitas kesenian dan kebudayaan. Komunitas ini kerap kali mengadakan pertunjukan tempat. Tak jarang pula pertunjukkan bentuk kepedulian terhadap sesama

6. Sosial

Banyaknya masalah sosial membuat banyak orang bersimpati dan ingin melakukan sesuatu untuk menyelesaikan masalah. Atas dasar kepedulian terhadap sesama, masyarakat membuat sebuah komunitas yang bergerak di berbagai bidang sosial.

Baca Juga: 6 Trik Menjaga Kesehatan Mental saat Musim Ujian

7. Fashion

Dunia fashion ini memang tidak ada matinya. Akan terus dan selalu berkembang setiap tahunnya. Peminatnya juga banyak, mulai dari berbagai kalangan dan tersebar di berbagai penjuru dunia. Para pencinta fashion kerap kali berkumpul dan mendiskusikan soal model berbusana terkini.

8. Bisnis UKM

Komunitas yang terjun di bidang ini terdiri dari para pengusaha dari berbagai kalangan, mulai dari kelas menengah hingga kelas atas. Belakangan ini, anggota komunitas ini juga semakin banyak. Bergabung dalam komunitas ini tak hanya bisa menambah wawasan soal dunia bisnis dan UKM, melainkan juga bisa saling bertukar strategi.

9. Religi

Komunitas berbasis religi juga juga sangat diminati. Saling bertukar ilmu, sharing berbagai persoalan dan menjalankan aktivitas keagamaan adalah beberapa kegiatan yang biasa dilakukan para anggota komunitas ini.

10. Automotif

Hobi automotif pada umumnya diikuti dengan keikutsertaan dalam komunitas automotif. Tak hanya sekedar berkumpul, komunitas ini juga kerap kali mengadakan aksi sosial seperti penggalangan dana untuk korban gempa dan bencana lainnya.

Baca Juga: Ada Institut Design Perhiasan, Apa yang Dipelajari?

Komunitas Inspiratif Indonesia:

1. Komunitas Jendela

Komunitas Jendela adalah sebuah komunitas sosial yang bergerak di bidang pendidikan anak, khususnya untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Tagline mereka yaitu “We are not just building a library, we are building a future”

2. Komunitas 1001 buku

Komunitas ini merupakan relawan dan pengelola perpustakaan anak. 1001 buku adalah merupakan organisasi nirlaba, sebuah jaringan relawan dan pengelola taman bacaan anak.

3. Skholatanpabatas

Skholatanpabatas (STB) sebagai wujud keinginan untuk berbagi tanpa batas kepada siapapun yang membutuhkan dalam hal pembelajaran tentunya. Tanpa perlu ada batasan dinding, pakaian, tempat tinggal, strata sosial, suku, agama, gender dan lain-lain dan kesemuanya dilakukan secara tulus dan ikhlas untuk berbagi kepada sesama.

buku

4. Indonesia Bercerita

Indonesia bercerita adalah suatu gerakan yang muncul dari insiatif mempromosikan dan memberikan upaya mendidik melalui cerita.

5. Indonesia Mengajar

Indonesia mengajar membantu mengisi kekurangan guru sekolah dasar, khususnya di daerah terpencil dengan mengirimkan lulusan terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah dididik intensif untuk menguasai kapasitas kepengajaran dan kepemimpinan untuk bekerja sebagai guru selama satu tahun

Baca Juga: 6 Trik Menjaga Kesehatan Mental saat Musim Ujian

6. Transformasi Hijau

Transformasi Hijau adalah komunitas relawan yang bergerak pada isu pendidikan lingkungan dengan mendorong para generasi muda sebagai pemeran utama dalam upaya pelestarian lingkungan.

7. Save Street Child

Save Street Child adalah komunitas skala nasional yang berupaya menjadi wadah penggerak yang peduli terhadap permasalahan anak jalanan.

8. Indonesia Menyala

Indonesia Menyala adalah gerakan buku dan perpustakaan yang diinisiasikan oleh Gerakan Indonesia Mengajar. Kegiatan komunitas ini berupa donasi buku,donasi dana,tenaga,ide dan masih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini