nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Laskar Manguni Indonesia Tegaskan Tak Terlibat Aksi Penolakan Habib Bahar bin Smith di Manado

Subhan Sabu, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 12:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 19 340 1966142 laskar-manguni-indonesia-tegaskan-tak-terlibat-aksi-penolakan-habib-bahar-bin-smith-di-manado-kWDpLKwCV3.jpg Rapat Umum DPP LMI (foto: Subhan Sabu/Okezone)

MANADO - Laskar Manguni Indonesia (LMI) menegaskan tidak terlibat dalam aksi yang dilakukan beberapa organisasi masyarakat (Ormas) adat beberapa waktu lalu terkait penolakan atas kedatangan Habib Muhammad Bahar bin Ali bin Smith dan Habib Muhammad Hanif bin Abdurrahman Al-Atthos di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Tonaas Wangko atau Ketua Umum LMI, Hanny Pantouw menegaskan tidak ikut ambil bagian dalam aksi penolakan dan tidak pernah menginstruksikan pengurus dan anggota LMI untuk turun dalam aksi tersebut sebagaimana yang diberitakan sejumlah media lokal maupun nasional.

(Baca Juga: Ratusan Ormas Adat Tolak Kedatangan Habib Muhammad Bahar bin Ali bin Smith di Manado)

Rapat umum DPP LMI (foto: Subhan Sabu/Okezone)	Rapat umum DPP LMI (foto: Subhan Sabu/Okezone)

LMI, kata Hanny, adalah ormas berjiwa nasional yang bertujuan turut serta mewujudkan nilai luhur dan cita-cita bangsa Indonesia. Dia menerangkan, LMI ini berdiri dengan tujuan mempererat dan mempersatukan keberagaman suku dan agama yang ada di Indonesia, sehingga pihaknya akan terus bersinergi dengan pemerintah Indonesia dalam menjaga keamanan dan kenyamanan bangsa ini.

"Jadi sebagaimana pemberitaan media kalau LMI turun memprovokasi dalam aksi penolakan Habib di Bandara, saya tegaskan kembali itu tidak benar," tegas Hanny kepada wartawan usai melaksanakan rapat umum DPP LMI, Kamis 18 Oktober 2018.

Menurut Hanny, Manado merupakan kota nomor satu toleransi di Indonesia, jangan hanya karena emosional dan kepentingan sesaat merusak tatanan ini. Dia menegaskan, ormas hadir untuk menunjang pemerintah, bukan sebaliknya.

Rapat umum DPP LMI (foto: Subhan Sabu/Okezone)Rapat umum DPP LMI (foto: Subhan Sabu/Okezone)

(Baca Juga: Begini Kronologi Penolakan Habib Bahar bin Smith dan Habib Hanif di Manado) 

Hanny juga menegaskan, terkait oknum yang diberitakan bernama Steven Kembuan tidak ada kaitan dan hubungannya sama sekali dengan LMI. "Jadi nama Steven Kembuan itu, bukanlah pengurus maupun anggota LMI. Dia itu dari Ormas lain, bukan dari LMI," urai Hanny.

Rapat umum DPP LMI tersebut dihadiri Direktur Intelkam (Dir Intel) Kepolisian Daerah (Polda) Sulut, Kombes Pol Budi Herwanto, para pimpinan LMI, Tonaas Nusantara Farry Malonda, Waketum I LMI, Trius Abbas dan Waketum II Matulandi Sulit.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini