nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Jatim Persilakan Ahmad Dhani Ajukan Praperadilan

Syaiful Islam, Jurnalis · Sabtu 20 Oktober 2018 02:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 20 519 1966514 polda-jatim-persilakan-ahmad-dhani-ajukan-praperadilan-eBhsWetXG2.jpg Ahmad Dhani

SURABAYA - Musisi Ahmad Dhani kabarnya akan mengajukan praperadilan di Pengadilan atas status tersangka yang disandang. Dimana sebelumnya penyidik subdit V cyber crime Ditreskrimsus Polda Jatim menetapkan Ahmad Dhani sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menyatakan, pihaknya mempersilahkan yang bersangkutan (Ahmad Dhani) mengajukan praperadilan di Pengadilan. Sebab praperadilan itu merupakan hak setiap warga negara.

"Praperadilan itu hak setiap warga negara, kalau ada kriminalisiasi tolong diuji. Ujilah kami apakah melakukan kriminalisasi pada orang. Di mana ujinya? Ya di ruang lingkup praperadilan (Pengadilan)," terang Barung, Jumat (19/10/2018).

(Baca Juga: Ahmad Dhani Terancam Dipanggil Paksa)

Barung menjelaskan, semua orang mengaku dirinya dikriminalisasi, dirinya didholimi. Faktanya yang ada jika melihat vlognya (Ahmad Dhani), ketika melihat dari apa yang diaplud di media sosialnya, maka akan melihat ada kata-kata yang harus diterjemahkan di dalam bahasa yang namanya bahasa pidana.

Sesuai UU ITE 2016, sambung Barung, polisi bisa kah menerjemahkan itu sehingga timbul kriminalisasi? Tidak bisa. Sebab polisi hanya mengambil saksi ahli bahasa, apakah sudah masuk dalam kategori pencemaran nama baik atau ujaran lebencian dan lain sebagainya yang masuk dalam UU ITE.

"Nah kalau dikatakan kriminalisasi? Diuji apa yang dilakukan polisi mengambil pendapat para ahli dan lain sebagainya. Dimana ruang diujinya, ya di praperadilan. Apakah langkah kriminalisasi polri ada atau tidak, tetapi ingin saya katakan sampai sekarang profesionalisme dan proporsionalisme polri akan dipertaruhkan dalam kasus ini," tandas Barung.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini