Terkait "Salam Satu Jari" di Acara IMF-World Bank, Luhut: Itu Indonesia Nomor 1!

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 20 Oktober 2018 23:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 20 605 1966759 terkait-salam-satu-jari-di-acara-imf-world-bank-luhut-itu-indonesia-nomor-1-U8tefNCGf8.jpg Di acara Parta Golkar, Luhut menegaskan "Salam Satu Jari" di aacra IMF-WB menunjukkan bahwa Indonesia nomor 1 (Foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Padjaitan membantah telah melakukan kampanye terselubung bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan berpose satu jari di acara forum International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) beberapa waktu lalu.

Politikus senior Partai Golkar itu menjelaskan maksud dirinya dan Sri Mulyani mengacungkan jari telunjuk ke arah kamera. Kata dia, itu menunjukkan Indonesia berada di urutan pertama di antara negara-negara lainnya.

"Itu kan Indonesia nomor satu," kata Luhut saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Sabtu (21/10/2018).

Penutupan Pertemuan Tahunan IMF-WB Group

(Baca Juga: Bawaslu Sebut Kasus "Salam Satu Jari" Luhut dan Sri Mulyani Sudah di Gakumdu)

Seperti diketahui, Luhut dan Sri Mulyani secara kasat mata mengarahkan pose Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, Direktur IMF Christine Lagarde dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo untuk menunjukkan salam satu jari saat berfoto bareng.

Luhut mengaku tak mempermasalahkan soal pelaporan dirinya dan Sri Mulyani ke Bawaslu. Hal tersebut merupakan dinamika dalam dunia politik Indonesia.

"Ya enggak apa-apa. Enggak ada (kampanye)," singkatnya.

Sebelumnya, Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menyatakan bahwa laporan dugaan kampanye yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Padjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani telah dibahas di Sentra Penengakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

Afifuddin menerangkan bahwa pembahasan telah dilakukan pada Jumat 19 Oktober 2018. "Intinya sudah kita bahas, kita tindak lanjuti untuk pembahasan pertama di sentra penegakan hukum terpadu," ujarnya usai menghadiri diskusi Sindo Trijaya bertajuk 'Pemilih Milenial dan Masa Depan Bangsa' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, hari ini.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini